Rabu, 14 Maret 2018 07:36 WIB

DPR Janji Segera Uji Calon Komisioner KPPU

Editor : Rajaman
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi VI DPR untuk segera memproses dan menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) periode 2017-2022. Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan 18 nama calon komisioner KPPU hasil penjaringan tim seleksi ke DPR sejak 22 November 2017. 

Presiden juga sudah dua kali memperpanjang masa jabatan komisioner KPPU. Masa perpanjangan kedua yang hanya berlaku dua bulan akan habis pada 27 April mendatang dan tak bisa diperpanjang lagi. 

"Perpanjangan waktu dua bulan ini akan digunakan secara maksimal oleh Komisi VI DPR untuk memilih 9 orang komisoner yang akan memimpin KPPU," kata Bambang dalam keterangan pers, Rabu (14/3/2018).

Bambang mengatakan, ia sudah menyampaikan langsung pesan ini kepada Pimpinan Komisi VI DPR. Menurut dia, Pimpinan Komisi VI sepakat untuk tidak mengulur waktu lebih lama lagi.

 "DPR zaman now speed kinerjanya harus ngebut. Jangan sampai ada kesan DPR mengulur waktu dan lambat menjalankan tugas," kata dia. KPPU sebelumnya sempat tutup atau berhenti operasi pada Rabu (28/2/2018). 

Tutupnya KPPU karena masa jabatan komisionernya berakhir pada Selasa (27/2/2018) lalu dan belum ada penetapan komisioner yang baru oleh DPR RI. 

Sehari kemudian, Jokowi mengeluarkan keputusan presiden Nomor 33/P Tahun 2018 yang kembali memperpanjang masa jabatan keanggotaan KPPU.

Jokowi mengimbau DPR untuk segera melakukan uji kelayakan terhadap calon komisioner KPPU agar segera ada komisioner baru


0 Komentar