Kamis, 15 Maret 2018 07:39 WIB

Kecelakaan Alutsista, DPR Tagih Janji Jokowi Soal Anggaran Pertahanan

Editor : Rajaman
Anggota Komisi I DPR fraksi PKS, Sukamta. (Foto: Bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kasus tank TNI yang hanyut,serta kapal TNI yang tenggelam di wilayah Kepulauan Seribu, mengundang kritikan dari Komisi I DPR. 

Anggota Komisi I DPR Sukamta mempertanyakan janji pemerintahan Jokowi akan merevitalisasi anggaran untuk alutista TNI.

"Perlu segera direalisasikan janji kampanye dan visi misi Presiden Jokowi yang ingin melipatgandakan anggaran pertahanan menjadi 1.5% dari PDB. Ini penting supaya peremajaan alutsista bisa dilakukan sesuai kebutuhan," kata Sukamta dalam keterangan pers, Kamis (15/3/2018).

Sekretaris Fraksi PKS ini menekankan, kejadian-kejadian berupa kecelakaan alutsista hanya menunjukkan kelemahan pertahanan nasional. Terlebih, ini bisa menurunkan deterrence efect negara kita di kawasan dan di dunia internasional.

"Kecelakaan-kecelakaan yang terjadi bisa karena faktor human skill, bisa karena murni kecelakaan, bisa juga karena kondisi alutsista yang tidak layak. Khusus untuk kondisi alutsista, kita menyadari bahwa sudah saatnya pemerintah melakukan peremajaan alutsista TNI. Kami selama ini selalu mengawasi dan mendorong pemerintah agar terus mengevaluasi dan meremajakan alutsista akibat sering terjadi kecelakaan karena alutsista yang sudah tidak layak," tandas Sukamta.


0 Komentar