Jumat, 16 Maret 2018 14:53 WIB

Anies Bicara Perkiraan Operasi Underpass Matraman dan Mampang

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan dua proyek underpass yang sedang dikerjakan yakni underpass Matraman dan Mampang akan rampung dalam waktu dekat.

Dua proyek itu diperkirakan bisa beroperasi akhir Maret dan April 2018. "Insyaallah yang Matraman akan selesai akhir Maret, kemudian yang Mampang insyaallah 7 April sudah operasional," kata Anies di Flyover Bintaro Permai, Jakarta Selatan, Jumat (16/03/2018).
 

Anies merasa bersyukur proyek lintas atas Bintaro dan Cipinang Lontar sudah rampung. Targetnya saat ini yakni memastikan proyek Mampang dan Matraman bisa segera selesai.

Anies meresmikan Flyover Bintaro Permai siang tadi. Selain Flyover Bintaro, Flyover Cipinang Lontar, Jakarta Timur juga sudah diresmikan.
 

"Alhamdulillah ini (Flyover Bintaro Permai) tuntas, jadi sekarang tinggal ada dua lagi dari proyek lintas atas sebidang yaitu di Mampang dan Matraman. Kalau itu semua tuntas, maka 6 projek lintas tak sebidang akan selesai semua," papar Anies.
 

Anies mengatakan proyek underpass dan flyover ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan Jakarta. Khusus Flyover Bintaro, Anies menilai bisa mengurai penumpukan kendaraan saat kereta api lewat.

"Kita sekarang menyaksikan kereta api yang lewat dan setiap kereta api lewat otomatis jalan ditutup, otomatis menghasilkan potensi hambatan. Makin sering kereta lewat makin sering terhenti," ujarnya.

"Dengan adanya lintas atas sebidang itu maka kereta api bisa lewat lebih banyak dan tidak ada dampaknya bagi lalu lintas," lanjut Anies.

Sementara itu, Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan flyover Bintaro bisa mengurangi kemacetan sampai 50 persen. "Karena sudah tidak ada lagi perlintasan sebidang, karena yang di atas lancar, yang di bawah lancar," kata Andri.(exe/ist)


0 Komentar