Minggu, 25 Maret 2018 15:31 WIB

Dhaka Mencari Peran PBB yang Lebih Kuat Untuk Menyelesaikan Krisis Rohingya

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Negara Urusan Luar Negeri M Shahriar Alam mengundang kembali Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk mengunjungi Bangladesh

Bangladesh telah mencari peran yang lebih kuat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam menyelesaikan krisis Rohingya dan memastikan kembalinya Rohingya ke Myanmar secara sukarela, aman dan bermartabat.

Menteri Negara Urusan Luar Negeri M Shahriar Alam membuat permintaan selama pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di markas besar PBB di New York.

Menghargai peran PBB dalam menyelesaikan krisis Rohingya, Menteri Negara juga meminta kepala PBB untuk mempercepat proses penunjukan utusan PBB yang baru tentang isu-isu Myanmar.

Dia juga mengundang kembali Sekretaris Jenderal PBB untuk mengunjungi Bangladesh, kata siaran pers pada hari Sabtu.

Kepala PBB Guterres sangat menghargai peran Bangladesh, khususnya upaya dari Perdana Menteri Sheikh Hasina untuk melindungi Rohingya dan memperluas dukungan kemanusiaan kepada mereka.

Dia mengatakan PBB tetap berkomitmen untuk memastikan kembalinya Rohingya secara sukarela, aman dan bermartabat ke tanah air mereka.

Ketua PBB meyakinkan Menteri Negara melanjutkan usahanya untuk menemukan solusi untuk krisis Rohingya.

Sementara itu, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan Rohingya harus diizinkan untuk kembali persis ke rumah mereka dan tidak dipaksa untuk kembali.

Dalam pengarahan rutin pada hari Jumat, dia mengatakan repatriasi mereka harus dilakukan dengan cara yang aman dan bermartabat yang menghormati hak-hak mereka sebagai pengungsi, hak-hak mereka sebagai manusia.

Guterres juga menghargai kemajuan sosioekonomi Bangladesh.

Menteri Negara berterima kasih kepada ketua PBB karena menghadiri sesi peresmian Dasawarsa Air Internasional di mana dia menghargai berbagai prakarsa Sheikh Hasina.

Shahriar Alam juga mengadakan pertemuan dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB Kantor Anti-Terorisme Vladimir Ivanovich Voronkov,

Dia berterima kasih kepada Vladimir karena memperluas dukungan kuat ke Bangladesh melalui Kantor Anti-Terorisme Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Vladimir menghargai upaya Bangladesh untuk memerangi terorisme meyakinkan Bangladesh untuk memperluas dukungan yang diperlukan.

Sementara itu, Menteri Negara mengadakan pertemuan dengan Wakil Tetap Azerbaijan di Duta Besar PBB Yashar Teymur oglu Aliyev dan membahas berbagai masalah bilateral dan multilateral.


0 Komentar