Senin, 26 Maret 2018 09:14 WIB

Pesawat Tempur Israel menggempur posisi Hamas di Gaza

Editor : Amri Syahputra
Pesawat temput Israel

Gaza, Tigapilarnews.com - Pesawat tempur Israel menghantam posisi Hamas di Gaza pada Minggu malam dengan menuduh warga Palestina melakukan serangan lintas-perbatasan ke Israel selatan.

"Pesawat tempur Angkatan Udara Israel menargetkan target teror di sebuah kompleks militer milik organisasi Hamas di Rafah, Jalur Gaza selatan," kata militer Israel dalam wawancara pers berbahasa Inggris.

Satu sumber keamanan Palestina di daerah pantai Gaza itu mengatakan pesawat-pesawat itu menembak pangkalan sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine Al Qassam, menyebabkan kerusakan tetapi tidak ada korban.

Israel menganggap Hamas, yang memerintah Gaza, bertanggung jawab atas semua serangan yang diluncurkan dari wilayah pesisir yang diblokir.

Bulan lalu ada gelombang kekerasan lintas batas, yang dianggap sebagai salah satu yang paling serius sejak Israel dan Hamas bertempur di tahun 2014 - yang ketiga sejak 2008.

Setelah sebuah bom melukai empat tentara Israel yang memeriksa pagar perbatasan pada 17 Februari, Israel menanggapi dengan menghancurkan 18 fasilitas Hamas dalam dua gelombang serangan udara.

Pasukan darat Israel juga menewaskan dua remaja Palestina dalam tembak lintas perbatasan.

Minggu lalu, Israel mengatakan telah melakukan serangan udara terhadap fasilitas Hamas bawah tanah di Jalur Gaza.

Dikatakan pasukan daratnya juga menghancurkan terowongan yang dibangun sebagian yang mungkin digunakan untuk serangan terhadap Israel.

Selama lebih dari satu dekade, Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Gaza yang menurut para pengeritik sebagai jumlah hukuman kolektif terhadap dua juta penduduk Palestina di wilayah pesisir itu.

Israel mengatakan blokade diperlukan untuk mengisolasi Hamas, yang telah berjuang di tiga perang sejak 2008.


0 Komentar