Selasa, 27 Maret 2018 15:50 WIB

AP I Lakukan Penutupan Jalan Untuk Pembangunan Bandara Yogyakarta

Editor : Amri Syahputra

Yogyakarta, Tigapilarnews.com - Operator bandara milik negara Angkasa Pura (AP) I telah mulai menutup bagian-bagian Jl. Daendels yang berada di lokasi yang ditentukan untuk Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo.

Jalan ditutup dari daerah Pasar Glagah di bagian timur Jl. Daendels di desa Glagah ke Pasar Glaheng di desa Sindutan di barat. Penutupan akan dilakukan sekitar 2 kilometer dari jalan. Semua kendaraan yang memasuki area tersebut akan dialihkan ke jalan raya Yogyakarta-Wates.

“Penutupan jalan diperlukan untuk mendukung kegiatan konstruksi dan untuk memastikan bahwa daerah tersebut adalah lokasi yang ditentukan untuk pembangunan bandara. Tidak ada lagi permukiman yang diizinkan di daerah itu, ”kata kepala proyek konstruksi AP NYIA, R.Sujiastono pada hari Senin.

Beberapa warga yang sebelumnya keberatan dengan proyek bandara. Kompensasi yang dibayarkan kepada penghuni berjumlah Rp 20 miliar (US $ 1,4 juta).

Saat ini, 86 rumah tangga terus menolak relokasi. Bersama dengan asosiasi warga setempat yang menolak penggusuran di Kulon Progo, PWPP-KP, keluarga-keluarga tersebut bertahan di rumah mereka di daerah utara dan selatan Jl. Daendels.

Mereka menolak penutupan, dengan alasan jalan memainkan peran penting dalam kegiatan ekonomi mereka. "Jalan adalah satu-satunya akses bagi anak-anak kita untuk pergi ke sekolah," kata Sutrisno dari PWPP-KP.


0 Komentar