Kamis, 29 Maret 2018 10:25 WIB

Marak DPT Ganda, Pemerintah Diminta Perbaiki Validasi Data Penduduk

Editor : Rajaman
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jelang Pilkada Serentak 27 Juni mendatang. Masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap daerah masih menjadi perhatian serius. Pasalnya di beberapa daerah masih banyak ditemukan DPT ganda maupun hal lainnya yang bisa menganggu jalannya Pilkada berjalan dengan lancar.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Mardani Ali Sera meminta pemerintah baik itu Kemendagri maupun jajaran penyelenggara pemilu segera membereskan masalah DPT ada di setiap daerah.

Pasalnya, validasi data kependudukan adalah modal dasar dari masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya.

"Akurasi dan validasi data kependudukan merupakan fondasi utama bagi keabsahan pemilu atau pilkada dan Kemendagri maupun KPU/KPUD harus bekerja keras guna menyelesaikan kasus DPT ganda ini," tegas Mardani saat dihubungi, Kamis (29/3/2018).

Disisi lain, Politikus PKS ini berharap masyarakat maupun LSM yang konsen dengan masalah ini dapat melakukan pengawasan maupun controling demi terciptanya pilkada maupun pemilu yang jujur dan adil.

Masyarakat dan LSM perlu perlu mengawasi dan bersikap kritis thd masalah ini," pinta Mardani.

Lebih lanjut Mardani juga meminta Kemendagri agar secepatnya melakukan perekaman e-KTP maupun penvalidasian data kependudukan sebelum penetapan DPT. 

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada lagi keluhan masyarakat tidak bisa memilih atau ikut pilkada karena namanya tidak masuk DPT.

"Harus selesai sebelum penetapan DPT," tandasnya.  


0 Komentar