Kamis, 29 Maret 2018 11:03 WIB

DPT Semarut, Kemendagri Diminta Bereskan Data Kependudukan

Editor : Rajaman
Azikin Solthan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi II DPR Azikin Solthan meminta agar Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil segera membereskan data kependudukan dianggap sudah sangat semerawut.

Terlebih data kependudukan itu akan digunakan untuk DPT Pilkada yang waktu pelaksanaanya semakin mepet. 

"Saya kira harus ada solusi dari Kemendagri khususnya Dukcapil untuk dapat membereskan ini semua. Apalagi ini akan dipakai dalam Pilkada yang nanti bisa menjadi cerminan baik ke depan untuk pemilu jika DPT di Pilkada sudah tersusun rapi," jelas Azikin, saat dihubungi, Kamis (29/3/2018).

Hal ini dikatakan Azikin saat dimintai tanggapan terkait dengan kesemerautan DPT di berbagai daerah jelang Pilkada. 

Politikus Gerindra ini mencontohkan seperti halnya saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Papua dari hasil temuan didapat komisiNya baru sekitar 30,11 persen warga disana mendapatkan e-KTP. Dan hal ini menurutnya harus menjadi perhatian serius pemerintah.

"Data kependudukan ini sangat diperlukan dalam rangka mensukseskan Pilkada. Karena mengacu pada peraturan KPU data itu adalah hal utama demi suksesnya Pilkada," terang Azikin.

Dia pun berharap disiswa waktu tidak banyak ini, pemerintah bisa menyelesaikan kasus ini secara cepat. Terlebih lagi, baik ditingkat pusat maupun daerah sudah memiliki perangkat yang baik.

"Saya yakin baik di pusat maupun daerah sudah memilik perangkat kerja yang baik dan semoga saja penyelesaian data kependudukan bisa diselesaikan secepatnya," tandas Azikin.


0 Komentar