Rabu, 04 April 2018 11:21 WIB

Ketua DPR Sarankan Sukmawati Segera Minta Maaf

Editor : Rajaman
Sukmawati Soekarno. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyesalkan puisi Sukmawati Soekarnoputri yang menyinggung syariat Islam. Pria akrab disapa Bamsoet berpandangan puisi tersebut tidak mencerminkan sikap seorang panutan.

Ia menyakini, puisi tersebut merupakan suara pribadi Sukma, bukan suara keluarga Presiden RI pertama Sukarno.

"Saya yakin itu bukan suara keluarga Bung Karno, itu adalah pribadi Bu Sukma. Menilai suatu ajaran agama dalam bentuk puisi itu sangat menyinggung sekali. Dan sebagai tokoh, kami menyesalkan, Bu Sukma tidak menunjukkan (sikap seorang) panutan," kata Bamsoet di gedung DPR, Rabu (4/4/2018).

Lebih lanjut Bamsoet menyarankan agar Sukmawati segera meminta maaf atas puisi yang dibacakan dalam perhelatan peringatan 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di ajang Indonesia Fashion Week 2018 itu. Ia juga berharap hal serupa tak terjadi lagi ke depannya.

"Menurut saya, yang terbaik sekarang Bu Sukma meminta maaf. Kita anggap ini tidak boleh terjadi lagi," tuturnya.

Sebelumnya, Sukmawati pun sudah angkat bicara mengenai puisinya yang dipersoalkan. Menurut Sukmawati, tidak ada unsur SARA dalam puisinya yang dibacakan pada Rabu (28/3/2018) itu.

"Saya nggak ada SARA-nya. Di dalam saya mengarang puisi. Saya sebagai budayawati berperan bukan hanya sebagai Sukmawati saja, namun saya menyelami, menghayati, khususnya ibu-ibu di beberapa daerah. Ada yang banyak tidak mengerti syariat Islam, seperti di Indonesia timur, di Bali, dan daerah lain," jelas Sukmawati, Senin (2/4/2018). 

 


0 Komentar