Kamis, 05 April 2018 14:53 WIB

Kakanwil Kemenag Gelar Silaturrahmi Dengan Bupati Aceh Tengah

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Kunjungan kerja (Kunker) ke Aceh Tengah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh Drs H M Daud Pakeh disertai Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se Aceh Tengah melakukan silaturrahmi dengan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Silaturrahmi dan temu ramah dilaksanakan di gedung Ummi Pendopo, Rabu, 4/4/2018 siang, dihadiri ratusan guru PAI tingkat SD, SMP, SMK dan SMA.

Shabela dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi pertemuan itu sebagai kesempatan untuk saling mengenal antara pimpinan daerah dengan para guru PAI yang bertugas tersebar diberbagai wilayah Aceh Tengah.

“Jika selama ini diantara kita, sesama keluarga besar guru PAI Aceh Tengah disibukkan dengan rutinitas bekerja, sekarang dapat memanfaatkan waktu untuk saling bertemu dan mempererat rasa kebersamaan,” sebut Shabela.

Selain itu Shabela mengatakan pertemuan itu untuk saling mengisi dan berbagi informasi yang tujuannya agar pendidikan agama Islam dapat lebih baik di Aceh Tengah.

“Selaku pimpinan daerah, kami memprioritaskan pendidikan agama Islam bagi anak didik kita, bukan berarti mata pelajaran lain tidak prioritas, tapi semuanya penting dan punya prioritas masing-masing,” tambahnya.

Menurut Shabela pendidikan agama Islam menjadi penting sebagai penyeimbang ilmu pengetahuan yang sifatnya duniawi, sehingga generasi bangsa kedepan tidak hanya cakap dalam pengetahuan umum, tapi juga mampu tampil sebagai pencerah dan penegak nilai-nilai moral dalam masyarakat.

“Kita tidak ingin anak didik kita kedepan gamang dalam menjalani kehidupan, tapi punya arah yang jelas, mereka harus mampu mengejar dunia, tapi tidak meninggalkan akhirat,” pungkas Shabela.

Sementara Daud Pakeh menyampaikan sebelum bertemu Bupati Shabela, rombongan Kanwil Kemenag Aceh didampingi Kakankemenag Aceh Tengah Amrun Saleh meninjau warga dusun Kala Wih Ilang Kampung Wih Ilang, Kecamatan Pegasing.

“Disana ada warga mualaf merupakan binaan Kanwil Kemenag Aceh, hari ini kita serahkan bantuan,” ujar Daud Pakeh tanpa merinci bantuan yang yang diberikan.

Di Aceh Tengah jajaran Kanwil Kemenag Aceh juga melakukan kegiatan bimbingan perkawinan kepada 40 pasangan calon pengantin yang akan berumah tangga.

“Alhamdulillah hari ini kami dapat bersilaturrahmi dengan Bapak Bupati Shabela dan jajaran Guru PAI Aceh Tengah. Intinya menjalin silaturrahmi dan memperkuat sinergitas dengan jajaran Pemkab Aceh Tengah dalam mendidik generasi bangsa yang berkarakter ,” ujarnya.

Dijelaskan tenaga pendidik memiliki tanggungjawab besar terhadap pendidikan dan perkembangan karakter anak, terlebih guru PAI. “Peran guru PAI harus memahami karakter anak,” kata Daud Pakeh.

Selanjutnya Kakankemenag Aceh Tengah, Amrun Saleh menyebutkan saat ini Guru PAI di Aceh Tengan berjumlah sebanyak 432 orang.

“Jika dibandingkan dengan jumlah siswa di Aceh Tengah saat ini lebih kurang mencapai 35.492 orang, jumlah guru PAI masih belum memadai,” jelas Amrun.

Sumber : acehtengahkab.go.id


0 Komentar