Jumat, 13 April 2018 16:43 WIB

Polri Imbau Masyarat Bantu Jaga Keamanan Selama Asian Games

Editor : Yusuf Ibrahim
Olahraga bersama Polri, INASGOC, dan awak media di GBK. (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kedatangan duta-duta olahraga pada pesta olahraga bangsa Asia, mulai dari kepala negara, tamu-tamu VVIP, atlet dan ofisial yang berjumlah 10 ribu lebih, lalu 5.000 awak media, serta anggota Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan federasi internasional sudah pasti membutuhkan pengamanan yang kondusif.
 
Karenanya, tuntutan yang dihadapi Deputy IV Games Security Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) sangat tinggi. Pihak Kepolisian RI yang memegang kendali utama dalam pengamanan Asian Games 2018 Jakarta Palembang menyatakan telah menyiapkan operasi pengamanan khusus.
 
Hal itu dinyatakan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto saat menggelar acara olahraga bersama Polri, INASGOC, dan awak media dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (13/4/2018).
 
Kegiatan itu juga dihadiri Koordinator Media and Public Relations INASGOC, Danny Buldansyah.
 
"Asian Games harus berlangsung dengan sukses, tidak boleh tidak. Tidak boleh ada ancaman, gangguan, ataupun tantangan yang lain. Ini saat yang istimewa bagi Indonesia untuk menunjukkan pada negara lain bahwa negara ini aman dan membuat tamu-tamu negara merasa nyaman," ujar Irjen Setyo Wasisto.
 
Asian Games merupakan hajatan bersama masyarakat Indonesia. Karena itu, Polri berharap, masyarakat diminta membantu Polri dalam menjaga keamanan selama acara itu berlangsung.
 
Pengamanan tak hanya di Gelora Bung Karno, tapi juga di venue olahraga lain di Palembang dan Jawa Barat. Di tempat-tempat tersebut telah dipersiapkan fasilitas penunjang serta pengamanan menjelang Asian Games. "Sudah disiapkan pengamanan baik tertutup dan terbuka," tambahnya.
 
Menurut Danny Buldansyah, kerja sama dengan Polri tak hanya soal keamanan, tapi juga menyangkut rekayasa lalu lintas untuk membatasi area khusus selama Asian Games berlangsung, sekaligus menghindari kemacetan.
 
“Kami mengapresiasi langkah yang akan dilakukan Polri. Termasuk rekayasa lalu lintas, yang tak hanya bertujuan untuk mengantisipasi masyarakat yang tidak berkepentingan mendekati area tersebut, tapi juga untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi yang ingin menonton,” ujar Buldansyah.(exe/ist)

0 Komentar