Minggu, 15 April 2018 17:13 WIB

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Gelar Khitanan Massal secara Gratis

Editor : A. Amir
Yoygakarta, Tigapilarnews.com - Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta mengadakan Khitanan Massal Gratis masih dalam rangka agenda Hari Lahir Pondok Pesantren yang ke-V yang diselenggarakan pada hari Minggu, 15 April 2018 di wilayah Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta. 
 
Acara khitanan masal ini diikuti oleh 28 peserta setingkat usia sekolah dasar dari berbagai daerah di Yogyakarta, diantaranya berasal dari Balirejo, Gendeng Gondokusuman, SDM Karangbendo, SD Nogopuro, Kepuh Wetan Bantul, SDN Sukowaten, Pringgokusuman, SD Demakijo, Mutihan RT4, SDN Lempuyangwati, Banguntapan Bantul dan Ngabean Kebumen. 
 
Peserta khitan yang mengikuti acara ini mendapatkan bingkisan berupa seperangkat sarung, baju koko, peci dan sejumlah uang saku setelah melaksanakan daftar ulang untuk mengambil nomor urut khitan.
 
Acara ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo yakni K.H. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd., M.H., menyampaikan bahwa acara khitanan masal gratis yang diadakan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo ini bukan yang pertama kalinya namun sudah diadakan untuk kelima kalinya. "Alhamdulillah acara khitanan seperti ini merupakan acara yang kesekian kalinya yang diselenggarakan oleh Ulul Albab, mudahan kami terus dapan memberikan sesuatu buat masyarakat sekitar," bebernya.
 
Selain itu, beliau yang juga Dosen Terbang di Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini juga sempat menanyakan testimoni kepada para wali peserta khitan tentang pendapat diadakannya khitanan masal gratis ini apakah sekiranya perlu diteruskan untuk tahun-tahun yang akan datang. "Alhamdulillah para wali khitan mendukung dan mengapresiasi serta sangat berharap Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo dapat terus melanjutkan dakwah ini, sehingga selain membantu dan memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan sunah untuk anak laki-lakinya, juga membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu untuk melaksanakan khitan kepada anak laki-lakinya," ucap Yubaidi. 
 
Lebih lanjut, Ahmad Yubaidi juga memberikan semangat kepada para peserta sebelum berkhitan, beliau berpesan agar peserta memperbanyak membaca shalawat yang berguna untuk meminimalisir rasa cemas dan takut saat dikhitan, "Karena membaca shalawat ini juga dapat menjadi jurus yang dapat mengurangi rasa takut serta akan menambah keberanian kepada diri para peserta," katanya.
 
Setelah mendapat sambutan dan wejangan dari Pengasuh Pondok Pesantren Ulul Albab, para peserta dan wali khitan diajak oleh Keluarga Ulul Albab yakni pengasuh dan seluruh santri untuk kirab keliling Kampung Balirejo yang diiringi dengan tim Hadrah Ulul Albab sebagai penyemaraknya. Para santri yang berpartisipasi juga telah membuat berbagai macam pernak pernik seperti balon, poster bertuliskan “Aku Anak Shaleh”, “Aku Cinta Nabi” untuk meramaikan kirab dan memberikan semangat kepada peserta.
 
Keceriaan peserta setelah kirab dilanjutkan dengan pengarahan dari dokter pelaksana khitan yakni Dokter Suryono. Beliau menyampaikan terkait dengan proses pelaksanaan khitan dengan laser serta hal-hal yang boleh dilakukan dan berpantangan dilakukan oleh peserta setelah selesai khitan. 
 
Proses pelaksanaan khitan berlangsung dengan tertib dan teratur sesuai dengan nomer urut daftar ulang. Setelah selesai prosesi khitan peserta mendapat obat untuk dibawa pulang. Ada berbagai macam ekspresi yang tampak dari para peserta, sebagian besar memperlihatkan keceriaan yang menggambarkan perasaan lega dan bangga kepada dirinya sendiri. Kebahagiaan ini bisa dilihat dari ekspresi foto bersama keluarga pasca khitan yang diabadikan oleh santri yang bertugas mendokumentasikan acara.
 
Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo beralamat di Jalan Balirejo UH II/531 A RT 52/05, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kode Pos 55167, Telepon 0274-543103.

0 Komentar