Selasa, 17 April 2018 09:29 WIB

Kejahatan Perang di Gaza, Reaksi Masyarakat Internasional

Editor : Amri Syahputra

Gaza, Tigapilarnews.com _ Aktivis hak asasi manusia dan LSM mengkritik Israel karena menggunakan peluru tajam terhadap demonstran damai Palestina selama Bulan Maret di Gaza. Ribuan orang Palestina telah berkumpul untuk mendapatkan kembali hak mereka untuk kembali ke tanah mereka yang sekarang diduduki oleh Israel.

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 8 April; "Tidak ada orang yang tidak bersalah" di Jalur Gaza. Pernyataan Lieberman datang hanya beberapa hari setelah Tentara Israel menewaskan sepuluh orang Palestina dan melukai lebih dari 400 orang selama protes pada hari Jumat 6 April, di perbatasan antara Gaza dan Israel. Pada hari pertama demo Jumat 30 Maret, 18 orang Palestina tewas dan 750 lainnya terluka oleh peluru tajam.
 
Menteri Pertahanan menambahkan dalam pernyataannya; "Semua orang (di Gaza) terhubung dengan Hamas, semua orang mendapat gaji dari Hamas, dan semua aktivis yang mencoba menantang kami dan melanggar perbatasan adalah aktivis sayap militer Hamas."
 
Pembicaraan itu terjadi ketika Israel menghadapi kritik dari Organisasi Hak Asasi Manusia, termasuk Israel, untuk penggunaan peluru tajam selama Bulan Maret. LSM Prancis Reporter sans frontières (RSF) telah mengutuk "tentara Israel dengan sengaja menembak terhadap wartawan", setelah kematian seorang wartawan foto Palestina Yasser Mourtaja, yang meninggal setelah terluka oleh tembakan penembak jitu Israel.
 
Setelah 30 Maret, di mana dua puluh orang Palestina terbunuh, Uni Eropa dan PBB meminta untuk membuka penyelidikan independen terhadap penggunaan kekerasan yang tidak proporsional oleh Pasukan Pertahanan Israel.
 
Kuwait, anggota non-permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, meminta pada Jumat 6 April, untuk mengadopsi deklarasi yang menyerukan penahanan di Gaza dan penyelidikan independen tentang penggunaan peluru hidup oleh pasukan Israel, seminggu setelah upaya pertama dalam Dewan.
 
Amerika Serikat memblokir seruan PBB untuk melakukan penyelidikan atas kematian Gaza untuk kedua kalinya.
 
Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), Fatou Bensouda, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan Israel di Gaza dapat menjadi kejahatan perang. "Dengan keprihatinan berat saya mencatat kekerasan dan memburuknya situasi di Jalur Gaza dalam konteks demonstrasi massa baru-baru ini," kata Bensouda. "Kekerasan terhadap warga sipil dalam situasi seperti yang berlaku di Gaza merupakan kejahatan di bawah Statuta Roma dari Pengadilan Pidana Internasional."
 
Protes besar direncanakan akan berlangsung selama 6 minggu lagi, sampai Hari Nakba pada tanggal 15 Mei.


0 Komentar