Kamis, 03 Mei 2018 19:02 WIB

Pelatih Timnas Baseball Indonesia Soroti Perbedaan Kualitas Pitcher Badak dan Harimau

Editor : Yusuf Ibrahim
Tim Harimau berhasil membuat Tim Badak berada di bawah. (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dua tim Pelatnas (pelatihan nasional) yang diturunkan dalam test event baseball jelang Asian Games 2018 akhirnya saling berhadapan.
 
Tim Harimau dan Tim Badak yang di dua hari pertama tak mendapatkan cukup perlawanan, akhirnya sama-sama mendapatkan lawan yang sepadan.
 
Namun pertandingan ternyata berjalan di luar dugaan. Tim Harimau berhasil membuat Tim Badak berada di bawah tekanan setelah mereka mencetak enam poin di ining kedua.
 
Dengan jarak poin yang menganga, Tim Badak seakan tak lagi memiliki hasrat untuk bisa memperpendek jarak. Hingga akhirnya pertandingan ditutup dengan skor 10-3 untuk kemenangan tim Harimau.
 
''Tim Harimau tadi memang memiliki kualitas better yang lebih baik, kami akui itu. Tadi bisa dilihat ya, bola yang datang bisa sangat mudah mereka pukul, dan itu sangat penting mendapatkan poin di ining-ining awal,'' ungkap Pelatih Kepala Timnas Baseball Indonesia, Lukmanul Hakim.
 
Pelatih yang akrab disappa Uki ini juga tak menampik soal perbedaan kualitas pitcher kedua tim pelatnas di laga tadi, Kamis (03/05). Menurutnya, keputusan Tim Badak untuk mengistirahatkan pitcher utama mereka, membuat Tim Harimau bisa memastikan kemenangan dengan mudah.
 
Meski berhasil mengalahkan Tim Badak dengan skor telak, namun Tim Harimau masih harus kembali berhadapan dengan rekan sesama tim pelatnas tersebut di laga final yang akan berlangsung besok, Jumat (4/5).
 
''Tadi mereka memang simpan pitcher utama untuk final. Karena itu laga finak besok tim yang sekarang menang harus hati-hati, karena mereka sebenarnya punya pitcher bagus, tapi sengaja tidak mereka turunkan,'' terang Uki. 
 
''Ya, kita akan ketemu lagi besok di final, itulah kenapa mereka memilih untuk menyimpan pitcher utama mereka. Karenanya kita harus hati-hati di final besok.''
 
Namun Uki juga kembali menegaskan kalau test event kali ini bukan semata-mata untuk mencari siapa yang kalah dan menang, namun fokus performa pemain di lapanganlah yang menjadi fokus utama tim pelatih Timnas Baseball Indonesia.
 
''Ya kita sudah punya beberapa nama yang terpaksa haru kita coret di akhir event ini. Nama-nama tersebut sebenarnya sudah muncul sejak pelatnas di Lampung kemarin, tapi di event ini kami kembali memberi kesempatan kepada nama-nama ini untuk bisa menunjukan usaha terakhir mereka,'' terang Uki.
 
''Saya rasa tidak ada perubahan yang terlalu drastis ya. Jadi nama-nama yang sudah kami kumpulkan sebelumnya memang terbukti kurang bisa maksimal di event ini, jadi mungkin tidak ada kejutan lah. Tapi memang beberapa pemain yang cedera menjadi salah satu perhatian kami.''
 
Meski telah mengantongi siap-siapa saja nama yang akan berada di skuat utama Timnas Baseball Indonesia, namun Uki ternyata tak bisa buru-buru merilis ke-24 nama tersebut. Ia dan tim kepelatihan masih harus membicarakannya dengan pengurus dan memberi penjelasan akan keputusan yang mereka buat sebelum mengumumkan nama-nama tersebut.
 
''Nama sebenarnya sudah ada ya. Kita sudah ada 27 sebenarnya, tapi kita harus buang tiga, karena kami hanya butuh 24. Itu juga sudah termasuk dengan pemain dari desentralisasi. Tapi kami harus presentasikan dulu nama-nama ini depan pengurus, karena keputusan kami benar-benar harus berdasarkan data performa para pemain, jadi bukan karena alasan lain,''
 
''Saya rasa besok malam nama-nama itu sudah bisa kami umumkan. Tapi mungkin nanti pengurus yang akan mengumumkan nama-nama tersebut,'' tutupnya. (exe/ist)

0 Komentar