Jumat, 04 Mei 2018 09:39 WIB

Syahganda Nainggolan: Forum Untukmu Indonesia, Kematian Dua Bocah di Monas dan Keadilan Sosial

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com Dua bocah pemegang kupon sembako berlogo "Forum Untuk Indonesia" (FUI) yang  berlambang Merpati Putih di pojok kanan atas, bernama Rizki Syahputra (10) dan Mahesa Junaidi (12) akhirnya tewas akibat antrian sembako di Monas Sabtu, 28 April 2018 lalu. 

Anak-anak dari kalangan keluarga kurang mampu yang datang bersama ibundanya ke acara rohani keagamaan itu karena terbujuk rayu sembako dan transport gratis, dan akhirnya meninggal dunia karena terinjak saat berdesak-desakan.

Sejak awal rencana panitia, sebagaimana jejak digital mengatakan, memang menyiapkan kupon sembako gratis ratusan ribu kupon. Selain mengantongi ijin bagi-bagi sembako, panitia juga mengantongi ijin kegiatan rohani keagamaan non Islam, namun justru banyak dihadiri oleh masyarakat kurang mampu yang beragama Islam.

Syahganda mengatakan, "Persoalannya justru terjadi jika massa yang dikumpulkan adalah rakyat miskin yang diiming-imingi sembako. Ini adalah sebuah eksploitasi kemiskinan. Sebuah kejahatan kemanusian."

Politikus PAN ini berpendapat, kelompok-kelompok rohani harus mengundang massa rakyat yang sesuai dengan agamanya. Jangan mengeksploitasi kemiskinan manusia demi tujuan-tujuan politik dan jangan juga mengeksploitasi kemiskinan untuk tujuan agama. Bagaimanapun kemiskinan orang-orang miskin itu adanya, penyantunan atau bantuan sosial harus dilakukan dalam ruang permainan yang tidak menimbulkan ketegangan politik maupun SARA.


0 Komentar