Sabtu, 05 Mei 2018 21:09 WIB

Kirim Atlet TC ke Tiga Negara, PBKI Targetkan Masuk Jadi Anggota KONI

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Tes Event Asian Games Khurash. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menjelang perhelatan Asiang Games Jakarta-Palembang yang akan belangsung pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang, Pengurus Besar Kurash Indonesia (PBKI) dan IKA mengadakan Tes Event Asian Games Khurash yang bertemakan “Test Event Kurash Competion” di Jakarta, Sabtu (05/05/2018).
 
Kurash merupakan salah satu jenis olahraga bela diri tertua di dunia yang berasal dari wilayah Tetarstan Asia Tengah yang saat ini dikenal sebagai Uzbekistan. Sedangkan dalam bahasa Uzbekistan, kata Kurash artinya mencapai tujuan dengan hanya cara adil.
 
Gerakan dasar Kurash mirip olahraga beladiri Gulat dan olahraga bela diri Judo. Namun dalam olahraga Kurush kondisinya banting berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas dan tidak diperkenankan mengunakan kaitan pada kaki.
 
Meski merupakan salah saru olahraga beladiri yang tertua di dunia, namun sejatihnya Kurash ini merupakan cabor yang baru di baru dipertandingkan di Indonesia. Maka dari itu, PBKI sebelumnya telah melakukan Seleksi Nasional (Seknas) untuk mencari atlet-atlet terbaik yang akan dikirim untuk berlaga di Asia Games 2018 pada tanggal 26 Januari 2017 lalu.
 
Seknas yang diadakan di Pusat Pelatihab Nasional (Pelatnas) Judo Ciloto, Jawa Barat, ini akhirnya melahirkan delapan atlet yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang menjelani persiapan sebelum mengukuti pertandingan Khuras dalam Asian Games.
 
Tes Even Asian Games Kurash Competition ini diikuti delapan negara yakni, Korea Selatan, Taiwan, India, Afganistan, Iran, Indonesia, Vietnam, Palestina dan Singapura dengan rombongan terbanyak dari Korea Selatan dengan total 21 orang. Sedangkan kelas yang dipertandingkan di putra adalah kelas 66 kg, 90 kg dan diatas 90kg. Sedangkan untuk putri, kelas 52 kg, 63 kg dan 78 kg. 
 
PBKI  menargetkan satu medali di setiap kelas putri. Sedangkan untuk kelas putra, PBKI belum menargetkan medali. Hal ini dikarenakan pada kelas Putra masih membutuhkan lebih banyak pelatihan dan pengalaman bertanding untuk agar dapat bersaing dengan negara-negara Asia lainnya.
 
Karena itu, demi mengantisipasi kompitisi Asian Games 2018, PBKI akan mengirimkan 14 atlet untuk melakukan try out ke Iran, Taiwan dan Korea selama tiga minggu di setiap negara di bulan Juni dan Juli mendatang. 
 
Selain itu PBKI menargetkan olahraga Kurash ini masuk menjadi anggota KONI dengan dukungan 17 pengurus Propinsi yang di mana saat ini baru berjumlah 12 pengurus Propinsi.
 
Adapun tujuan dari pelaksaan test event ini untuk mengukur serta melakukan uji coba personel kepanitiaan serta semua perangkat yang akan digunakan pada pertandingan yang sesungguhnya.(exe)

0 Komentar