Selasa, 08 Mei 2018 12:23 WIB

Jusuf Kalla Sarankan Ganjil-Genap Diterapkan saat Mudik

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi kemacetan di tol. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla bicara soal pengaturan lalu lintas saat mudik.

Dia menyarankan diterapkannya ganjil-genap saat pelaksanaan mudik. "Jadi, saya bilang waktu itu begini saja deh supaya ramai, di nomor ganjil-genapnya diatur. Sehingga siapa yang jalan di bawah siapa yang di jalan tol. Jangan terjadi lagi," kata JK dalam diskusi Transportation Review 2018 di Jakarta Pusat, Selasa (08/05/2018).

Menurut JK, masyarakat Indonesia pada umumnya menilai lewat jalan tol akan lebih lancar. Oleh karena itu jalan tol menjadi macet karena tak ada yang mau lewat jalan biasa. 
 

"Pengalaman Brexit itu karena cara berpikir, semua berpikir bahwa kalau mau cepat lewat jalan tol, sehingga jalan biasa kosong, bukan kosong, lengang. Padahal lebih cepat lewat jalan biasa," tutur JK.

JK yakin kejadian Brexit (Brebes Exit) dua tahun lalu tak terulang. Dia juga yakin pelaksanaan mudik tahun ini akan lebih baik.

"Saya yakin jalan tol kita makin panjang, tidak lagi terjadi Brexit dua tahun lalu, tapi lebih baik. Di samping itu juga pihak keamanan serta Kepolisian dan perhubunhan makin mengerti dan memahami situasi yang ada," ujar JK.(exe/ist)


0 Komentar