Selasa, 08 Mei 2018 13:17 WIB

Rossi Tak Ingin Semakin Tertinggal dari para Rival

Editor : Yusuf Ibrahim
Valentino Rossi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Valentino Rossi meminta Yamaha untuk segera mengatasi kendala teknis di motor YZR-M1.

Kalau Yamaha tak bergegas, Rossi khawatir motornya masih bermasalah sampai musim depan.

Rossi dan rekan setimnya, Maverick Vinales, tak kompetitif di MotoGP Spanyol. Sejak latihan bebas hingga balapan, kedua pebalap tak bisa mengimbangi kecepatan para pebalap terdepan.

Rossi cuma finis kelima di Jerez, sementara Vinales di posisi ketujuh. Mereka berdua bisa finis di posisi tersebut karena diuntungkan oleh kecelakaan beruntun yang melibatkan Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Seusai balapan, Rossi mengeluhkan rasa frustrasinya karena motornya tak kompetitif. Salah satu masalah utama di motor M1 saat ini berkaitan dengan perangkat elektronik. Pebalap berusia 39 tahun itu berharap Yamaha segera melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan.

"Ini sangat disayangkan karena bagian lain dari motor pada tahun ini bagus, tapi kami butuh itu (mengatasi persoalan elektronik) dan saya berharap Yamaha memberikan 100% untuk mengatasi masalah sesegera mungkin," ujar Rossi seperti dikutip Autosport.

Menurut Rossi, M1 tak membutuhkan perubahan besar-besaran. Hanya saja, perbaikan harus dilakukan secepat mungkin agar dirinya tak makin tertinggal dari para rival.

"Balapan demi balapan, pekan demi pekan, dan bulan demi bulan berlalu, saya tak mengatakan kami punya masalah yang sama dalam setahun, karena motor kami sudah membaik, tapi tim-tim lain melangkah yang lebih jauh daripada kami. Saya yakin kami punya potensi untuk melakukan itu, tapi kami harus cepat atau tahun lainnya akan berlalu," kata Rossi di GP One.

"Saya pikir kami tak butuh perubahan radikal. Kami cuma harus mengatasi dua atau tiga hal. Jika Yamaha berkomitmen 100%, kami bisa melakukannya lebih cepat," ujarnya.


Rossi kini menempati peringkat keenam di klasemen pebalap dengan perolehan 40 poin. Pebalap Italia itu tertinggal 30 poin di belakang Marc Marquez yang berada di urutan teratas.(exe/ist)


0 Komentar