Selasa, 08 Mei 2018 15:22 WIB

Medvedev Kembali Jadi Perdana Menteri Rusia

Editor : Eggi Paksha
Dmitry Medvedev. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kremlin menuturkan, Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menunjuk Dmitry Medvedev sebagai Perdana Menteri Rusia.

Ini akan menjadi kali kedua Medvedev menjadi Perdana Menteri Negeri Beruang Merah itu.

Melansir Reuters pada Senin (7/5), Krelim menuturkan sesuai prosedur Medvedev hari ini, bersama dengan seluruh kabinet pemerintah Rusia telah mengundurkan diri, seiring dengan dilantiknya Putin sebagai Presiden Rusia.

Namun, tidak lama setelah Putin resmi kembali menjabat sebagai Presiden Rusia, dia langsung menunjuk Medvedev, sebagai Perdana Menteri negara itu.

"Pencalonan Medvedev masih harus disetujui oleh Negara Duma, atau majelis rendah parlemen Rusia," kata Kremlin.

Penunjukan Medvedev sendiri sejatinya bukanlah hal yang menyebutkan. Putin dan Medvedev diketahui adalah sahabat dekat. Keduanya diketahui sudah berteman sejak medio 1990an.

Saat Putin ditunjuk sebagai Presiden untuk menggantikan  Boris Yeltsin, dia langsung memanggil Medvedev untuk mengisi wakil kepala badan administrasi kepresidenan. Kemudian Medvedev ditugaskan dengan jabatan baru sebagai wakil pertama Perdana Menteri.

Pada kampanye Pemilu Rusia pada tahun 2000, Medvedev menjadi manajer kampanye  Putin.

Selain bertanggung jawab memimpin staf khusus di Istana Kremlin, Medvedev diserahi sejumlah proyek khusus antara lain memimpin komisi yang menyusun kerangka legislasi reformasi pelayanan sipil dan pengawasan terbaik atas sistem hukum Rusia.

Keduanya juga diketahui kerap "bertukar" jabatan sejak tahun 2008. Pada  tahun 2008, saat Putin menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia, Medvedev adalah Presidenya. Pada saat Putin terpilih sebagai Presiden Rusia pada tahun 2012, Medvedev ditunjuk sebagai Perdana Menteri oleh Putin.(exe/ist)


0 Komentar