Selasa, 15 Mei 2018 07:29 WIB

Venue Asian Games Diminta Selesai Tepat Waktu

Editor : Rajaman
Menko PMK Tinjau Venue Bowling (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meminta panitia agar venue pertandingan Asian Games XVIII 2018 diselesaikan tepat waktu. Maksimal venue untuk Asian Games harus rampung pada Juni 2018.

"Asian Games nanti akan dilaksanakan 18 Agustus. Jauh sebelum itu harus sudah selesai. InsyaAllah, akhir Juni sudah beres," kata Puan, Senin (14/5/2018).

Untuk itu, Puan meminta panitia lokal Sumatra Selatan (Sumsel) melengkapi segala fasilitas yang dibutuhkan hingga proses finishing seperti pembuatan taman. 

"Saya juga meminta Gubernur Sumsel untuk cepat menyelesaikan segala keperluan. Kekurangan juga dilengkapi. InsyaAllah semuanya siap," jelasnya.

Dalam kunjungan kerja ke Palembang, Puan mengawali dengan bertandang ke venue bowling, dilanjutkan venue shooting range, venue dayung, venue voli pantai, dan wisma atlet. Puan mengungkapkan, secara keseluruhan venue di Jakabaring mumpuni karena sudah baik bangunannya dan mulai dilengkapi sarana dan prasarana sesuai dengan standar internasional.

Oleh karena itu, Puan berkeyakinan bahwa venue bisa selesai tepat waktu karena progres dari masing-masing venue sesuai target. Bahkan Puan pun terkesima dengan venue bowling yang disebutnya merupakan venue terbaik se-Asia Tenggara. "Venue yang seperti ini akan membawa prestasi yang baik untuk atlet Indonesia. Penyelenggaraan yang baik, venue yang baik, tentu akan memberikan hasil dan prestasi yang baik."

Lalu di arena dayung, Puan meminta ada tambahan penerangan lampu dan fasilitas lain. Begitu juga akses jalan dan saluran air harus dipastikan tidak ada jalan berlubang dan air yang tergenang.

Puan dalam kesempatan peninjauan langsung venue olahraga di Jakabaring itu didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Sekjen Inasgoc Eris Herryanto, dan Dirjen Cipta Karya KemenPUPR Sri Hartoyo.

Terkait dengan sosialisasi yang diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo untuk menggaungkan penyelenggaraan Asian Games, Puan menerangkan, saat ini upaya itu terus dilakukan berbagai pihak. Sebab even Asian Games 2018 adalah milik seluruh komponen bangsa. "Ini hasil kerja kita bersama, maka saya mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap mensukseskan Asian Games," kata dia.

Puan juga mengimbau agar masyarakat menanggapi dengan bijak terkait aksi terorisme yang saat ini sedang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, Ia mengharapkan masyarakat tak terpengaruh dengan isu keamanan. "Kami jalan terus sambil berdoa, semoga Asian Games 2018 ini nantinya berjalan lancar. Yang kami tekankan, masyarakat tak harus takut dan khawatir. Kita harus yakin tak akan terjadi apa-apa nantinya," kata


0 Komentar