Senin, 21 Mei 2018 08:16 WIB

DPR Sebut Kesenjangan Lahan Subur Terorisme

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kesenjangan, baik sosial, pendidikan, sampai keadilan hukum menjadi lahan subur terorisme di Tanah Air. Inilah yang perlu dibenahi untuk mencegah aksi terorisme meluas.

Angka pengangguran yang terus membengkak juga menjadi salah satu potensi terorisme.

"Terorisme muncul karena ada kesenjangan terutama dalam konteks penegakan keadilan, kesenjangan ekonomi, dan kesenjangan sosial. Dalam konteks kesenjangan sosial, banyak pengangguran di berbagai tempat. Sementara tenaga asing banyak masuk ke Indonesia. Masyarakat pun menilai tidak ada keadilan," kata Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong, Senin (21/5/2018).

Ironisnya, lanjut Ali, banyak pencari kerja justru dari sekolah agama. Kalau ini tidak diantisipasi oleh pemerintah dan DPR, kata Ali, maka akan menimbulkan persoalan-persoalan jangka panjang.

Ali menambahkan, terorisme bukan saja persoalan di dalam negeri, tapi juga ada faktor global. Ketika faktor global berpengaruh, maka rekruitmen terhadap terorisme itu sangat mudah, terutama bagi orang-orang frustrasi, karena mengalami kesenjangan itu.


0 Komentar