Jumat, 25 Mei 2018 13:24 WIB

Bonus Liburan Diharapkan Dapat Meningkatkan Konsumsi Rumah Tangga

Editor : Amri Syahputra
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, peningkatan yang signifikan dari bonus Hari Raya Idul Fitri untuk pegawai negeri, personil militer, polisi dan pensiunan akan meningkatkan konsumsi, terutama di rumah tangga kelas menengah.

Dia mengatakan di Jakarta pada hari Kamis bahwa pemerintah telah mencoba untuk meningkatkan daya beli untuk keluarga berpenghasilan rendah melalui beberapa program sosial, termasuk dana desa dan bantuan non-tunai yang dikenal sebagai Program Keluarga Harapan (PKH).

“(Bonus liburan) untuk kelas menengah diperkirakan akan memicu (konsumsi),” kata Sri Mulyani di kantor Menteri Koordinator Ekonomi.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp 35,76 triliun (US $ 2,5 miliar) untuk bonus liburan dan gaji ke-13, naik 68,9 persen dari angka tahun lalu.

Sri Mulyani mengatakan pencairan kedua bonus dan bantuan sosial diperkirakan akan mendorong pertumbuhan konsumsi pada kuartal kedua 2018. Pada kuartal pertama, konsumsi tumbuh 4,95 persen dari tahun ke tahun (yoy).

Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa pelayanannya tidak memperkirakan dampak dari bonus dan bantuan sosial pada pertumbuhan konsumsi.

"Kami belum membuat perhitungan, tapi saya berharap konsumsi akan tumbuh lebih tinggi daripada di kuartal pertama," tambahnya.

Sri Mulyani mengatakan semua unit kerja sekarang mempersiapkan dokumen terkait dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang bonus liburan untuk pencairan.


0 Komentar