Jumat, 08 Juni 2018 08:21 WIB

Polri Diminta Bendung Radikalisme di Kampus

Editor : Rajaman
John Kenedy Aziz (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR RI John Kenedy Aziz meminta Polri untuk membendung radikalisme yang muncul dari kaum intelektual kampus. 

Selain itu, John meminta Polri membangun kerja sama dengan alim ulama dan tokoh masyarakat guna menangkal radikalisme di kampus.

"Memang ada radikalisme yang muncul dari kampus. Padahal, kampus itu sesungguhnya tempat belajar para akademisi. Jangan racuni para mahasiswa dengan kegiatan di luar kegiatan belajar," kata John saat dihubungi, Jumat (8/6/2018).

"Saya cukup prihatin atas fenomena radikalisme kampus. Ini tugas Kepolisian bagaimana caranya agar radikalisme jangan sampai berkembang dan mewabah ke masyarakat. Kalau radikalisme lari ke politik dan ideologi negara, maka itu sudah menyimpang dari tujuan kampus," tambahnya.

Kerja sama dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait jadi keniscayaan bagi Polri. Bagaimana pun peran masyarakat dan ulama sangat penting untuk membantu membendung radikalisme. 

"Saya sendiri saat berada di dapil, selalu menyampaikan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan paham radikal yang berkembang, sehingga menimbulkan ketakutan di tengah masyarakat," ujarnya.

Apa yang terjadi di Surabaya, Jatim, sambung John, jadi pembelajaran yang berharga bagi semua pihak. Ia mengaku tak habis pikir, bagaiman seorang ibu teganya mengajak buah hatinya untuk bunuh diri sekaligus membunuh banyak orang. 

"Biasanya seorang ibu memberi kasih sayang. Saya tidak tahu bagaimana pihak-pihak tertentu mencuci otak, sehingga kebaikan hilang dari pikirannya," tutup Politisi Golkar ini. 


0 Komentar