Rabu, 13 Juni 2018 14:55 WIB

Kemenhub Prediksi 5,9 Persen Pemudik Naik Pesawat

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pesawat terbang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, memastikan seluruh pesawat terbang yang dipakai untuk angkutan mudik sudah dilakukan ramp check.

Agus mengatakan tidak ada pesawat yang bermasalah. "Untuk pesawat sendiri kami sudah inspeksi sejak sebulan-sebulannya. Kami sudah menyiapkan ramp check ke pesawat terbang jumlahnya 538 pesawat, sudah di-ramp check. Untuk pesawat terbang ini 100% diadakan ramp check," kata Agus kepada wartawan di Posko Terpadu Terminal I Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten, Rabu (13/06/2018).

Ia mengatakan pihak Kemenhub sudah menyiapkan bandara untuk mudik sejak 7 Juni lalu. Ada 36 bandara yang disiapkan.
 

Sejauh ini, kata Agus, cuaca untuk penerbangan masih terbilang bagus. Agus mengatakan arus mudik menggunakan pesawat sudah berlangsung sejak H-6 lalu.

"Bandara ramp check kondisi prima. Kondisi di udara secara rata-rata kita sebut lancar. Puncak arus mudik hanya single itu hari Sabtu H-6 lalu. Ini beda dengan tahun lalu, H-2 puncak arus mudik di udara, ini beda karena libur jauh sebelum lebaran," imbuhnya.

Kemenhub memprediksi pada masa mudik H-7 hingga H+7 ada 5,9 juta pemudik yang menggunakan pesawat terbang. Dia mengatakan jumlah ini naik sekitar 10-11% dibanding tahun lalu.

"Ini seat beda dengan airport. Kalau airport hitungnya penumpang naik turun kalau kita seat orang mudik itu 5,9 juta penumpang. Dibanding moda lain, udara ini paling tinggi yaitu 5,9 juta (penumpang)," kata Agus.(exe/ist)


0 Komentar