Rabu, 13 Juni 2018 16:24 WIB

Agus Yudhoyono Mempertimbangkan Menjadi Wapres Kalla Pada Pemilihan 2019

Editor : Amri Syahputra
Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan orasi politik di Jakarta Convention Center di Jakarta pada 9 Juni.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Eksekutif Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono sedang mempertimbangkan untuk bertarung dalam pemilihan presiden tahun depan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Agus, putra dari pelindung partai itu Susilo Bambang Yudhoyono, mengatakan bahwa dia sedang menjajaki kemungkinan untuk ikut dalam pemilihan sebagai wakil presiden Kalla seandainya calon tiket Kalla-AHY berhasil mendapatkan dukungan yang cukup.

"Ini (opsi Kalla-AHY) pasti di bawah pertimbangan kami," kata Agus di kantornya di Jakarta Selatan pada hari Rabu.

Agus mengatakan, bagaimanapun, bahwa Partai Demokrat akan tetap terbuka untuk kemungkinan lain, dan akan terus mempelajari kandidat potensial lainnya.

Agus mengatakan bahwa di antara persyaratan yang ia cari dari calon mitra dalam pemilihan adalah kemampuan untuk membantu membentuk koalisi partai yang akan menguasai 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara rakyat, ambang batas presiden diwajibkan oleh UU Pemilu 2017.

"Kita harus membuat perhitungan yang cermat. Betapapun antusiasnya kita, kita harus ingat ada ambang presidensial yang harus kita penuhi (untuk mencalonkan pasangan calon presiden]," kata Agus.

Dia menambahkan bahwa Partai Demokrat akan dengan hati-hati mencari mitra yang dapat membentuk koalisi dengan yang akan memenuhi persyaratan ambang presiden.

Langkah Partai Demokrat untuk mempertimbangkan tiket Kalla-AHY muncul setelah pengumuman terbaru partai tentang aspirasi untuk mendirikan "Koalisi Kerakyatan" (Koalisi Populis) sebagai alternatif dari koalisi yang berkuasa yang diatur untuk mendukung Presiden Jokowi tawaran Janda untuk istilah kedua.


0 Komentar