Kamis, 14 Juni 2018 12:22 WIB

Majelis PBB Menyalahkan Israel Atas Kekerasan di Gaza

Editor : Amri Syahputra
Seorang pria Palestina yang terkena tembakan gas di wajahnya.

Gaza, Tigapilarnews.com _ Majelis Umum PBB menyetujui resolusi dukungan Palestina yang menyalahkan Israel atas kekerasan di Gaza dan menyesalkan "penggunaan kekuatan berlebihan," setelah secara sempit menolak permintaan AS untuk menambahkan kecaman terhadap serangan terhadap Israel oleh penguasa Hamas Gaza.

Sejak protes massa hampir mingguan dimulai 30 Maret di sepanjang perbatasan Israel-Gaza, lebih dari 120 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 3.800 orang terluka oleh tembakan tentara Israel. Mayoritas orang yang tewas dan terluka tidak bersenjata, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Penggunaan kekuatan yang berpotensi mematikan Israel terhadap para pengunjuk rasa telah mengundang kecaman internasional. Israel menuduh Hamas mencoba melakukan serangan dan merusak pagar perbatasan dengan kedok protes.

Untuk Palestina, ketentuan kunci resolusi adalah permintaan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk membuat proposal dalam 60 hari "tentang cara dan sarana untuk memastikan keamanan, perlindungan dan kesejahteraan penduduk sipil Palestina di bawah pendudukan Israel," termasuk pada "mekanisme perlindungan internasional."

Dalam Sidang Umum, konfrontasi atas Gaza, yang mencerminkan perpecahan antara Israel dan Palestina yang berlangsung puluhan tahun, dimainkan dengan beberapa tikungan baru.

Duta Besar Aljazair, Sabri Boukadoum, yang mewakili negara-negara Arab, pertama kali berusaha untuk memblokir pemungutan suara pada amandemen AS, dengan mengatakan itu tidak relevan dengan resolusi. Dia mengatakan itu juga merusak upaya rekonsiliasi antara faksi-faksi Palestina yang bersaing, Hamas dan Fatah, serta "prospek yang jauh" untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian dengan Israel.

Gerakannya untuk mengambil "tidak ada tindakan" pada amandemen itu dikalahkan oleh suara 59-78 dengan 26 abstain, memungkinkan amandemen AS untuk dimasukkan ke pemungutan suara.

Amandemen AS disetujui oleh 62-58 suara, dengan 42 abstain. Tetapi Presiden Majelis Umum Miroslav Lajcak menyatakan bahwa di bawah sebuah aturan majelis, dua pertiga mayoritas diperlukan agar amandemen itu gagal.

Duta Besar AS Nikki Haley mengimbau, mengutip aturan lain yang mengatakan hanya suara mayoritas yang diperlukan. Setelah istirahat sejenak, Lajcak menempatkan banding AS ke pemungutan suara. AS nyaris kehilangan suara 66-73 dengan 26 abstain.

Akhirnya, majelis memberikan suara pada resolusi asli yang didukung Palestina, menyetujui 120-8 dengan 45 abstain.

Ms Haley mengatakan dalam sebuah pernyataan sesudahnya bahwa "dalam menghadapi teroris Hamas secara rutin menghasut kekerasan, hari ini PBB membuat keputusan yang secara moral bahwa kekerasan Gaza baru-baru ini adalah semua kesalahan Israel."

"Tetapi praktik umum untuk menutup mata terhadap bias anti-Israel PBB berubah," katanya. "Hari ini, sejumlah 62 negara memberikan suara mendukung upaya pimpinan AS untuk menangani tanggung jawab Hamas atas kondisi bencana di Gaza."

Suara pada hari Rabu mencerminkan keprihatinan yang luas di badan beranggotakan 193-anggota itu bahwa resolusi yang disponsori oleh negara-negara Arab dan Islam adalah satu sisi dan gagal bahkan menyebutkan Hamas, yang telah menembakkan lebih dari 100 roket ke Israel.

Duta Besar Palestina Riyad Mansour mendesak majelis sebelum pemungutan suara untuk mengatasi kekerasan yang meningkat di Gaza dan "krisis" untuk melindungi warga sipil. Dia menyebut amandemen AS sebagai "upaya itikad buruk" untuk mengalihkan fokus dari "tujuan inti melindungi warga sipil dan menegakkan hukum internasional."

"Kita perlu tindakan. Kita perlu perlindungan bagi penduduk sipil kita, apakah itu kejahatan untuk dituntut?" dia berkata.

"Kita tidak bisa tetap diam dalam menghadapi kejahatan paling kejam dan pelanggaran hak asasi manusia yang secara sistematis dilakukan terhadap rakyat kita," kata Mansour.

Resolusi itu menyesalkan "penggunaan kekuatan yang berlebihan" oleh pasukan Israel, khususnya di Gaza, dan menuntut agar Israel "menahan diri dari tindakan seperti itu."

Palestina pada awalnya mencari resolusi Dewan Keamanan setelah militer Israel membunuh warga sipil selama protes massal di Gaza terhadap blokade perbatasan yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir pada 2007 setelah Hamas menyerbu wilayah itu. AS memveto resolusi itu 1 Juni, dengan Haley menyebutnya "sangat sepihak" karena mengkritik penggunaan kekuatan oleh Israel sementara tidak menyebutkan Hamas.

Arab dan negara-negara Islam kemudian memutuskan untuk mencari suara pada resolusi hampir identik pada pertemuan darurat Majelis Umum hari Rabu, di mana tidak ada veto.

Mereka mengikuti rute yang sama yang mereka ambil pada bulan Desember setelah Amerika Serikat memveto resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan kepada Presiden Donald Trump untuk meninggalkan pengakuannya terhadap Israel dengan ibu kotanya Yerusalem.

Majelis Umum PBB sebagian besar mengabaikan ancaman Trump pada saat itu untuk memotong bantuan ke negara manapun yang melawan Amerika dan memilih 128-9 untuk mengecam pengakuan presiden atas Jerusalem sebagai ibukota Israel dan menyatakannya "batal secara hukum."


0 Komentar