Kamis, 14 Juni 2018 13:58 WIB

Menhub Budi Berikan Tips Aman Mudik Bagi para Pengguna Transportasi Darat

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pemudik pengendara motor. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memberikan tips aman saat mudik ke kampung halaman bagi para pengguna transportasi darat.

Ia menyarankan untuk mereka yang memakai bus, sebaiknya menggunakan fasilitas sistem pembelian tiket secara online. 

"Berbagai tips memang banyak kami sampaikan kepada mereka yang menggunakan jalur darat. Kalau menggunakan bus sebaiknya gunakan dengan cara online, karena itu tanggung  jawabnya lebih jelas," terang Menhub kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Kemudian untuk pada para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, juga diimbau agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik. "Yang kedua bagi angkutan darat lainnya tentunya kalau mengendarai mobil pribadi, persiapkan dengan baik karena jalannya panjang," sambungnya.

Tambah Menhub, Anda harus siap dengan segala sesuatu. Sementara bagi pemudik pengendara motor apabila berjarak lebih dari 60 km, disarankan agar tidak menggunakan motor. Terakhir, Menteri Perhubungan meminta kepada Kapolda dan Kadishub untuk insentif melakukan proses ramp check kepada seluruh sarana yang akan digunakan untuk arus mudik dan arus balik. 

"Catatan kecelakaan tahun lalu turun 30%, oleh karenanya himbauan untuk ramp check dan tidak mudik dengan motor ini penting. Setelah dikonsolidasikan di seluruh Indonesia ternyata proses ramp check baru 50%. Sehingga saya minta kepada Kapolda dan Kadishub untuk insentif melakukan rampcheck agar mencapai 70-80%," tutup Menhub.(exe/ist)


0 Komentar