Minggu, 24 Juni 2018 13:33 WIB

Serbia Protes ke FIFA, Harap Ada Perubah Signifikan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi wasit. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Serbia protes keras terhadap FIFA usai kekalahan dari Swiss. 

Ketua Asosiasi Sepak Bola Serbia, Slavisa Kokeza, menuding FIFA bias dalam pemilihan wasit. Serbia kalah 1-2 pada laga melawan Swiss di Kaliningrad Stadium, Sabtu (23/6/2018) kemarin pada laga Grup E Piala Dunia 2018.

Unggul lebih dulu lewat Aleksandar Mitrovic di menit kelima, Serbia lantas kebobolan dua gol dari Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri.

Laga ini menyisakan rasa kesal untuk Serbia, bukan semata karena hasilnya melainkan juga terkait keputusan wasit yang mengecewakan. Serbia merasa seharusnya layak mendapatkan penalti saat Mitrovic dijepit dan dijatuhkan Stephan Lichsteiner dan Fabian Schar.

Terlebih lagi, wasit Felix Brych yang memimpin pertandingan juga tak meninjau insiden tersebut dengan Video Assistant Referee (VAR). Teknologi itu setidaknya akan memastikan keputusan wasit.

Asosiasi Sepak Bola Serbia telah melayangkan surat protes kepada FIFA pada Sabtu (23/6) kemarin, kendati tak mengharapkan adanya perubahan signifikan ke depannya. Satu hal yang paling disoroti mereka adalah terkait pemilihan wasit Felix Brych di laga lawan Swiss.

Ketua Asosiasi, Slavisa Kokeza, menuding FIFA telah bersikap bias karena menunjuk wasit dari Jerman. Dia menyebut Jerman dan Swiss punya kedekatan hubungan secara demografis.

"Saya pikir ini bukan cuma soal VAR, tapi bahwa segala sesuatunya telah diarahkan oleh orang-orang yang menunjuk wasit. Kita semua tahu bahwa lebih dari separuh populasi Swiss adalah orang-orang Jerman," ungkap Kokeza dilansir BBC.

"Staf teknis, para pemain, orang-orang di Serbia, mereka semua kecewa dan frustrasi karena ketidakadilan sejumlah orang di FIFA. Jelas terlihat oleh Eropa dan dunia bahwa Serbia telah dirampok dengan brutal."

"Saya tak mengharapkan FIFA untuk mengambil langkah agar perampokan brutal ini tak terjadi lagi sih, karena saya ulangi sekali lagi, ini semua sudah diarahkan," imbuhnya.

BBC turut melaporkan bahwa FIFA telah menerima surat protes dari Serbia. Namun induk organisasi sepakbola dunia itu tak memberikan komentar lebih lanjut.(exe/ist)


0 Komentar