Sabtu, 30 Juni 2018 10:43 WIB

Karikaturis Oom Pasikom Tutup Usia

Editor : A. Amir
Kartunis Gerardus Mayela Sudarta atau yang lebih dikenal dengan nama GM Sudarta

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Karikaturis Harian Kompas yang lebih dikenal dengan karyanya Oom Pasikom, bernama asli Gerardus Mayela Sudarta atau yang akrab disapa GM Sudarta meninggal dunia pada Sabtu (30/6/2018) pukul 08.25 WIB.

Informasi ini disampaikan pihak Harian Kompas melalui akun Twitter resmi mereka, @hariankompas. Sudarta dikenal melalui karyanya, tokoh Oom Pasikom, yang menghiasi Harian Kompas sejak 1967.

GM Sudarta telah menghasilkan ribuan karya. Lewat Oom Pasikom, yang mengemas isu-isu aktual yang terjadi di Tanah Air maupun mancanegara.

Secara memikat, ia mampu melontarkan celetukan-celetukan cerdas bahkan sering kali mengejutkan. Meski gambar kartunnya berisi kritik, tetapi tetap membuat penikmatnya tersenyum.

Kemampuannya di bidang karikatur membawa Sudarta berulang kali dia menerima penghargaan. Pada 2010, GM Sudarta dikabarkan sakit. Karikaturis asal Klaten itu menjalani operasi tulang pada kakinya setelah jatuh dari kamar mandi. Selain patah tulang kaki, pada tahun itu, Sudarta dikabarkan mengidap penyakit kronis yang menggerogoti tubuhnya, yakni hepatitis C. 

Dokter memvonis penyakit itu berjangkit di tubuhnya ketika Sudarta tengah menjadi dosen tamu di kampus Universitas Seika, Kyoto, Jepang. Setelahnya, kontrak kerja Sudarta sebagai pengajar mata kuliah seni kartun mulai tahun 2008 harus diputusnya di tengah jalan saat baru memasuki kurun satu setengah tahun dari lima tahun yang telah direncanakan. (@hariankompas)


0 Komentar