Jumat, 06 Juli 2018 14:09 WIB

Israel Memblokir Kunjungan Utusan Uni Eropa ke Sekolah di Desa Badui yang Terancam Pembongkaran

Editor : Amri Syahputra
Konsul Jenderal Eropa Perancis (kedua kiri), Swedia, Belgia, Italia, Irlandia, Swiss, Finlandia, Denmark dan Uni Eropa diblokir oleh pasukan pendudukan Israel karena mereka ingin mengunjungi desa Badui di Palestina, Khan Al Ahmar, di timur Yerusalem. Tepi

Tepi Barat, Tigapilarnews.com _ Para diplomat Eropa pada Kamis berusaha untuk berkunjung solidaritas ke desa Tepi Barat di bawah ancaman pembongkaran oleh Israel, tetapi pasukan pendudukan melarang mereka mencapai sekolah di sana.

Para diplomat dari Belgia, Finlandia, Prancis, Irlandia, Italia, Spanyol, Swiss dan Uni Eropa berusaha mengunjungi sekolah di desa Badui Khan Al Ahmar yang didanai oleh beberapa negara Eropa, tetapi mereka dikembalikan ke pintu masuk desa.

Pasukan pendudukan di tempat kejadian mengatakan daerah itu telah dinyatakan sebagai zona militer tertutup.

"Kami ingin menunjukkan solidaritas kami dengan desa ini yang diancam dengan kehancuran, karena alasan kemanusiaan dan karena itu adalah masalah utama hukum internasional," kata Konsul Jendral Prancis di Jerusalem Pierre Cochard kepada wartawan di tempat kejadian.

Dia mengatakan bahwa menghancurkan desa dengan 173 penduduk yang tinggal di dalamnya, di timur Yerusalem di Tepi Barat yang diduduki Israel, akan menjadi pelanggaran konvensi Jenewa yang meletakkan kewajiban seorang penjajah terhadap orang-orang yang berada di bawah kendalinya.

Ini juga akan secara signifikan mempersulit pencarian solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, tambahnya.

Otoritas Israel mengatakan desa dan sekolahnya dibangun secara ilegal, dan pada bulan Mei mahkamah agung menolak banding terakhir terhadap pembongkarannya.

Namun aktivis mengatakan penduduk desa memiliki sedikit alternatif tetapi untuk membangun tanpa izin konstruksi Israel, karena dokumen hampir tidak pernah dikeluarkan untuk Palestina untuk membangun di bagian Tepi Barat, seperti Khan Al Ahmar, di mana Israel memiliki kontrol penuh atas urusan sipil.

Pada hari Selasa, aktivis mengatakan, Israel mengeluarkan perintah yang mengesahkan perebutan akses jalan ke desa.

Alat-alat berat telah terlihat di sana, memberi spekulasi jalan sedang dipersiapkan untuk memfasilitasi evakuasi dan pembongkaran dan memicu protes dari Palestina.

Otoritas Israel mengklaim mereka telah menawarkan situs alternatif kepada penduduk desa.

Desa ini sebagian besar terdiri dari struktur-struktur sementara dari timah dan kayu, sebagaimana biasanya terjadi pada desa-desa badui.

Tidak diketahui kapan pembongkaran akan terjadi, tetapi pada hari Kamis buldoser bisa dilihat melebarkan jalan akses ke desa.

Para aktivis mengharapkan pembongkaran akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Puluhan jurnalis dan aktivis berdiri di pinggir desa pada hari Kamis.

"Apa yang dilakukan pemerintah Israel adalah perpindahan penduduk yang bertentangan dengan konvensi Roma dan Jenewa," kata pengacara Palestina Munji Abdallah, 50, kepada AFP.

Khan Al Ahmar terletak di dekat beberapa pemukiman ilegal Israel utama dan dekat dengan jalan raya menuju ke Laut Mati.

Para aktivis khawatir bahwa pembangunan permukiman Israel yang berkelanjutan di daerah itu dapat secara efektif membagi Tepi Barat menjadi dua.


0 Komentar