Jumat, 20 Juli 2018 07:51 WIB

PT PAL Siap Produksi 3 Kapal Selam Pesanan TNI AL

Editor : A. Amir
KRI Nagapasa-403

JAKARTA, Tigapilarnews.comPT. PAL siap membuat sendiri secara mandiri Kapal Selam kelas Changbogo, setelah menyelesaikan pembuatan Kapal Selam KRI Alugoro-405. BUMN ini memaparkan rencananya dalam Kongres Teknologi Nasional 2018 yang diselenggarakan di gedung BPPT, Rabu (18/7/2018).

Seperti diketahui, Pemerintah RI membeli 3 kapal selam dari Korsel dengan alih teknologi. 2 kapal yaitu KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 dibuat di Korea Selatan dan 1 kapal yaitu KRI Alugoro-405 diproduksi di galangan PT PAL Surabaya.

Keberhasilan PT PAL menyerap alih teknologi dari Korea Selatan dalam hal pembuatan kapal selam, setelah sukses mengerjakan pembuatan Kapal LPD kelas Makassar, dan berhasil menguasai teknologi pembuatan kapal selam Changbogo.

Perusahaan industri galangan kapal ini sudah siap melaksanakan produksi untuk tiga kapal selam lainnya yang akan dibeli oleh TNI AL, untuk sementara baru dinamai U-406, U-407, dan U-408 yang masuk dalam strategi produksi lokal (whole local production).

Bahkan skema produksi besaran untuk kapal selam batch kedua sudah disiapkan. Untuk U-406, setidaknya 80 persen akan diproduksi secara joint production dengan DSME masih membuat modul senjata dan torpedo atau seksi haluan, hal ini karena PT PAL masih belum memiliki torpedo alignment machine.

Namun untuk kapal selam kelima dan keenam atau U-407 dan U-408, seluruh section akan dibuat sendiri di fasilitas PT. PAL, dengan target penyelesaian setidaknya pada tahun 2025-2026. Bila nanti sudah komplit 8 kapal selam (termasuk KRI Cakra dan Nanggala yang dioverhaul), TNI AL siap menjadi kekuatan maritim dengan armada kapal selam terbesar di ASEAN.


0 Komentar