Senin, 20 Agustus 2018 22:14 WIB

Juara Grup A, Timnas U-23 Raih Sembilan Poin

Editor : Yusuf Ibrahim
Stefano Lilipaly. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Timnas Indonesia U-23 memastikan diri sebagai juara Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 sekaligus memastikan tempat di babak 16 besar.

Hasil positif ini didapat setelah di laga pemungkas pasukan Luis Milla mengalahkan Hong Kong U-23 dengan skor 3-1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018).

Pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi. Timnas Indonesia U-23 yang wajib memenangkan laga pemungkas Grup A ini mendapatkan perlawanan yang sengit. Bahkan Stefano Lilipaly dkk kurang begitu leluasa untuk menguasai bola.

Solidnya pertahanan Hong Kong membuat para pemain ekstra keras untuk membongkar pertahanan lawan. Sebaliknya, tim lawan justru mampu membuka keunggulan 0-1 pada menit 38. 

Berawal dari kesalahan Rezaldi Hehanusa dalam menghalau bola dan bola liar itu berhasil dikuasai Wu Chun Ming. Pemain tersebut lantas mengirimkan umpan silang yang dikonversikan Hok Ming Lau dengan sempurna melalui sundulan setelah lepas dari pengawalan pemain bertahan Timnas Indonesia U-23.

Di pengujung babak pertama, ketegangan sempat terjadi saat Hansamu berduel dengan Vasudeva Nunez. Dalam tayangan ulang terlihat tangan Hansamu mengenai wajah Nunez. Wasit akhirnya memberi kartu kuning kepada Hansamu. 

Secara statistik di babak pertama. Timnas Indonesia U-23 sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dengan 59%-41% dengan melepaskan dua tendangan yang mengarah ke gawang. Namun hingga interval pertama usai Timnas Indonesia U-23 gagal menyamakan kedudukan. 

Babak kedua baru berjalan satu menit. Seluruh penonton yang memadati Stadion Patriot Chandrabhaga dibuat bergemuruh setelah umpan akurat Lilipaly berhasil diselesaikan dengan tenang oleh Irfan Jaya pada menit 46.

Pada menit 60, Luis Milla melakukan pergantian pemain. Pencetak gol penyeimbang Timnas Indonesia U-23, Irfan Jaya digantikan Saddil Ramdani. 

Perubahan yang dilakukan pelatih asal Spanyol baru membuahkan hasil lima menit sebelum pertandingan selesai. Berawal dari umpan Alberto Goncalves Da Costa, Lilipaly sukses melepaskan tendangan yang tak mampu dibendung kiper Hong Kong. 

Di waktu injury time, tuan rumah kembali menambah keunggulan menjadi 3-1. Adalah Hanif Sjahbandi yang menutup pesta kemenangan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-1. 

Dengan hasil positif ini, Timnas Indonesia U-23 mendongkel posisinya ke urutan pertama dengan raihan sembilan poin. Sementara Palestina yang posisi terkudeta berada di peringkat kedua dengan delapan angka.(exe/ist)


0 Komentar