Kamis, 23 Agustus 2018 23:40 WIB

Ultah BJ Habibie Ke-82: "Ada Masyarakat atau Bangsa yang Merdeka tapi Tidak Bebas"

Editor : A. Amir
Ulang tahun BJ Habibie Ke-82

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sejumlah tokoh menghadiri acara ulang tahun ke-82 Presiden ketiga RI BJ Habibie. Terlihat beberapa tokoh nasional yang hadir, di antaranya Aburizal Bakrie, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, mantan Wakil Presiden Boediono, dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari. 

Selain itu, masih banyak tokoh yang menghadiri acara ulang tahun Habibie yang dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (23/8/2018). Rangkaian bunga ucapan selamat pun sudah dipasang di depan pintu masuk lobi.

Meski cukup berumur, Habibie masih semangat berpidato. Dia berdiri cukup lama di atas podium untuk berpidato.

Para undangan duduk mendengarkan Habibie berpidato. Salah satu isi pidato yang disampaikan oleh Habibie adalah tentang manusia merdeka. 

"Ada manusia yang merdeka, tapi tidak bebas. Ada manusia yang bebas tapi tidak merdeka. Ada suatu masyarakat atau bangsa yang bebas tapi tidak merdeka. Ada masyarakat atau bangsa yang merdeka tapi tidak bebas," ucap Habibie. 

Habibie pun menyampaikan beberapa hal yang dia lakukan selama menjadi presiden menggantikan Soeharto. Salah satunya tentang kebebasan pers. 

"Saya beri kebebasan pers sebelum 24 jam," kata Habibie. 


0 Komentar