Rabu, 12 September 2018 02:47 WIB

Inggris Kirim Kapal Selam Nuklir ke Mediterania, Makin Menambah Ketegangan di Suriah

Editor : A. Amir
Kapal selam nuklir Kelas Trafalgar HMS Talent Inggris

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Di tengah ketegangan di Suriah, kapal selam Inggris dilaporkan menuju ke laut Mediterania. Kapal selam nuklir Kelas Trafalgar HMS Talent Inggris berlayar ke Gibraltar pada 8 September 2018. Gibraltar Chronicle melaporkan sekaligus memposting gambar kapal selam yang mampu membawa hingga 30 rudal jelajah Tomahawk tersebut.

Angkatan Laut Inggris belum mengeluarkan informasi tentang tujuan saat ini HMS Talent di Mediterania. Namun seperti diketahui ketika serangan ke Suriah pada 14 April 2018, Inggris juga mengirimkan kapal selam mereka ke Mediterania.

Bahkan pada saat itu Kapal selam HMS Astute Inggris yang terlibat dalam duel menegangkan dengan kapal selam Rusia.

Sebelumnya, kapal selam kelas Los Angeles Amerika, USS Newport News  juga meninggalkan pelabuhan Gibraltar menuju bagian timur Mediterania. Kapal yang juga mampu membawa rudal Tomahawk tersebut akan bergabung dengan tiga kapal selam nuklir lainnya dan tiga kapal destroyer Amerika, USS Carney, USS Ross, dan USS Winston S. Churchill.

Pengerahan itu dilakukan di tengah ketegangan terkait rencana Suriah dan Rusia untuk menyerang Idlib yang diyakini menjadi benteng terakhir kelompok pemberontak. Sedangkan Amerika memiliki pangkalan militer di kawasan tersebut.

Amerika dan sekutunya juga menuding tentara Suriah sedang mempersiapkan serangan senjata kimia dan mereka tidak akan segan menggempur Suriah jika hal itu dilakukan.

Sebaliknya, Moskow justru menuduh kelompok pemberontak yang didukung koalisi Amerika yang sedang mempersiapkan serangan kimia agar seolah itu dilakukan pasukan pemerintah dan memprovokasi Amerika mengambil inisiatif menyerang. 


0 Komentar