Rabu, 19 September 2018 04:31 WIB

Kontroversi Impor Beras

Editor : A. Amir
Beras Bulog

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tambahan izin impor beras memantik kontroversi. Petani, seperti disuarakan Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Winarno Tohir, menolak tambahan izin impor beras 1 juta ton untuk Perum Bulog. Tambahan impor dinilai mematahkan semangat petani dalam berproduksi dan tengah menikmati harga gabah kering panen yang bagus: Rp4.500-Rp5.000/kg.

Sebaliknya, bagi pemerintah, tambahan impor merupakan langkah antisipasi dan mitigasi terhadap harga beras yang terus naik lantaran pasokan terbatas.

Seperti umumnya yang berlaku dan terjadi di negara-negara di kawasan Asia, bagi Indonesia beras bukan hanya masalah ekonomi, melainkan juga politik. Apa pun bisa dikemas menjadi isu terkait komoditas yang satu ini, baik isu positif maupun negatif. Ketika membiarkan harga beras tidak terkendali, terus naik dari hari ke hari atau di level tinggi, pemerintah dianggap tidak peduli kepada rakyat. Sebaliknya, ketika mengambil langkah mengendalikan atau impor, pemerintah dianggap tidak berpihak kepada petani.

Dalam konteks seperti ini bisa dipahami bila tambahan izin impor beras 1 juta ton kepada Bulog menjadi pro dan kontra.

Bagi yang kontra:

Pertama, tambahan izin impor membuat total impor yang dikantongi Bulog sebesar 2 juta ton beras. Ini amat besar, jauh lebih besar daripada realisasi impor beras empat tahun terakhir: 844 ribu ton (2014), 862 ribu ton (2015), 1.283 ribu ton (2016), dan 308 ribu ton (2017).

Kedua, secara psikologis impor dalam jumlah besar dikhawatirkan bakal membuat harga terdorong ke bawah.

Bagi yang pro, seperti dijelaskan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, tambahan izin impor merupakan kebutuhan mutlak. Pertama, saat ini harga beras masih tinggi, di atas harga eceran tertinggi (HET). Ini pertanda stok beras di masyarakat tipis. Harga beras akan lebih tinggi lagi saat akhir musim pada September 2018 dan akan semakin tinggi saat paceklik pada Oktober 2018-Januari 2019.  

Kedua, penyerapan beras Bulog dari Januari 2018 hingga 18 September 2018 mencapai 2,672 juta ton, 1,12 juta di antaranya dari hasil impor. Artinya, penyerapan domestik hanya 1,552 juta ton beras.Penyerapan beras di akhir musim dan musim paceklik dipastikan tidak akan bertambah signifikan.

Pertanyaannya, apakah beras 2,672 juta ton di gudang Bulog saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun? Buat Bulog, kebutuhan beras pada 2018 mencapai 3,3 juta ton. Jumlah itu terinci untuk Bansos Rastra 1 juta ton, cadangan beras pemerintah 0,3 juta ton, dan cadangan agar harga terkendali sebesar 2 juta ton. Dikurangi beras carry over 2017 sebesar 0,7 juta ton, kebutuhan beras tinggal 2,8 juta ton.

Untuk mencapai jumlah itu, hanya perlu tambahan 0,128 juta ton beras (2,8 juta ton-2,672 juta ton). Dengan asumsi penyerapan domestik tak bertambah signifikan, hanya perlu tambah impor beras 0,128 juta ton. Inilah makna pernyataan Dirut Bulog Budi Waseso bahwa beras yang dikuasai Bulog cukup. Tidak perlu impor (besar) lagi.

Dalam situasi apa pun, bagi pemerintah, pilihan antara mengimpor atau memperbesar pengadaan beras dalam produksi domestik memang tidak mudah. Pilihan impor selain tidak populis juga berisiko dinilai buruk di mata publik, terutama petani. Sebaliknya, pilihan memperbesar pengadaan beras dari produksi domestik juga tidak bebas risiko.


0 Komentar