Rabu, 26 September 2018 02:40 WIB

Wapres RI Jusuf Kalla Hadiri Pembukaan Sidang Umum Ke-73 PBB

Editor : A. Amir
Wapres RI Jusuf Kalla Hadiri Pembukaan Sidang Umum Ke-73 PBB didampingi oleh Puan Maharani dan Retno LP Marsudi di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Selasa (25/9/2018).

New York, Tigapilarnews.com - Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla (JK) menghadiri agenda utama sesi debat umum Sidang Umum ke-73 Perserikatan Bangsa Bangsa di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Selasa (25/9/2018).

Di Kota New York, JK dan delegasi terbatas, dari hotel sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB menuju Markas Besar PBB. Ini merupakan kehadiran keempat kalinya di Sidang Umum PBB secara berturut-turut sejak Wakil Presiden Jusuf Kalla menduduki jabatannya pada 2014 lalu.

Dalam pembukaan sesi debat umum Sidang Majelis Umum (SMU) ke-73 PBB tersebut, Wapres JK didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.  

Pembukaan sesi debat umum dimulai pada pukul 09.00 hingga 13.15 waktu setempat, dilanjutkan santap siang kenegaraan oleh Sekjen PBB Antonio Guterres di North Delegated Lounge lantai 2 hingga pukul 14.25 waktu setempat.

Sesi debat umum merupakan tempat para pimpinan negara-negara anggota PBB diberikan waktu untuk berbicara mengungkapkan berbagai pemikiran terkait masalah-masalah dunia.

Pada sidang umum kali ini, dijadwalkan di antaranya 95 kepala negara, empat wakil presiden, 42 kepala pemerintahan, tiga wakil perdana menteri, dan empat menteri mewakili negaranya akan berbicara di depan sidang umum.

Usai menghadiri pembukaan, Wapres JK diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan UN Secretary General Advocate for Inclusive Finance for Development Ratu Maxima Belanda, di Bilateral Booth pada pukul 14.30 hingga 14.50 waktu setempat.

Kemudian Wapres JK akan berbicara pada High Level Event on Action For Peacekeeping di Trusteeship Council Chamber selama kurang lebih 3 menit.

Mengakhiri kegiatan hari ketiga di kota tempat Patung Liberty berdiri, Wapres JK direncanakan menghadiri resepsi informal Perdana Menteri Fiji di 100 UN Plaza Suite pada pukul 18.30 hingga 20.30 waktu setempat.


0 Komentar