Rabu, 03 Oktober 2018 02:48 WIB

Singapura Siapkan Bantuan Awal Rp1,5M buat Bencana Gempa Palu-Donggala

Editor : A. Amir
Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah Singapura siap mengirim bantuan dan personel kemanusiaan untuk membantu Indonesia yang tengah berduka atas bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala , Sulawesi Tengah.

Kedutaan Besar Singapura menyatakan dalam keterangan tertulisnya yang dimuat di Facebook, Selasa (2/10/2018).

Singapore Armed Forces (SAF) akan mengirimkan perlengkapan kemanusiaan, termasuk tenda, jatah makan, dan pasokan medis melalui dua pesawat C-130 Angkatan Udara Singapura. Setelah itu, pesawat akan terus membantu penanggulangan bencana, seperti evakuasi warga sipil dari daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami di Palu-Donggala.

Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) telah mengerahkan dua petugas untuk berpartisipasi dalam misi sepuluh hari ke Sulawesi Tengah oleh Tim Tanggap Darurat dan Penilaian ASEAN (ASEAN-ERAT) dari 29 September hingga 9 Oktober 2018, yang dikoordinasi oleh Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan tentang Penanggulangan Bencana (AHA Centre). Selain itu, SCDF siap mengirim tim terpisah untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan serta upaya penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala.

Pemerintah Singapura juga akan memberikan sumbangan sebesar USD 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar sebagai uang awal untuk memulai penggalangan dana publik oleh Palang Merah Singapura.

Pemerintah Singapura akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam pengiriman bantuan kemanusiaan kami, dan akan dipandu oleh kebutuhan dan prioritas yang digariskan oleh Pemerintah Indonesia.


0 Komentar