Minggu, 07 Oktober 2018 03:22 WIB

Asian Para Games 2018 Resmi Dibuka oleh Presiden Jokowi

Editor : A. Amir
Presiden Jokowi saat melakukan aksi memanah bersama Bulan Karunia Rudianti

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Perhelatan olahraga Asian Para Games 2018 resmi dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (06/10/2018) malam.

Acara tepat dimulai pukul 19.00 WIB dengan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi isteri Mufidah Kalla.

Dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan tak lupa pada acara pembukaan, penonton dan atlet mengheningkan cipta untuk korban gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Lalu acara dilanjutkan dengan pertunjukan tarian kolosal.

Dalam event pembukaan tersebut, INAPGOC mengusung tema kekayaan laut garapan kreator Jay Subiyakto, music director oleh Andy Rianto, costume designer oleh Chitra Subiyakto.

Pada moment itu, Jokowi ikut terlibat langsung dengan melakukan aksi memanah bersama seorang siswi bernama Bulan Karunia Rudianti (10 tahun) yang mengenakan kursi roda (penyandang disabilitas).

Secara bersamaan, Jokowi lantas memanah tembok huruf DISABILITY (ketidakmampuan). Saat anak panah dilesakkan dan mengenai tembok tersebut, maka berubah dari DISABILITY menjadi ABILITY (mampu).

Jokowi dalam sambutannya turut merasa bangga dapat menyambut tamu istimewa dari 43 negara peserta Asian Para Games 2018.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia kami bangga menyambut kehadiran tamu istimewa dari 43 negara melalui Asian Games 2018. Kita ingin merayakan persaudaraan kita, menunjukkan ke-bhinnekaan, dan prestasi kita, ingin menjunjung tinggi kemanusiaan. Dengan mengucap bismillah, saya menyatakan dengan resmi Asian Para Games 2018 dibuka. Selamat berjuang dan sukses,” kata Jokowi.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung dari 6 sampai 13 Oktober 2018. Sebanyak 3000 atlet dari 43 negara peserta ikut dalam pesta olahraga atlet disabilitas ini dengan mempertandingkan 18 cabang olahraga.


0 Komentar