Selasa, 23 Oktober 2018 16:57 WIB

Klimaks Tewasnya Jurnalis Jamal Khashoggi, Putra Mahkota Arab Saudi Diganti

Editor : A. Amir
Pangeran Khalid bin Salman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Imbas tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi, Dewan Kerajaan Arab Saudi menunjuk Pangeran Khalid bin Salman menggantikan Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota Arab Saudi.

Dilansir dari Alawatanews, 22 Oktober 2018, mengutip Saudi Press Agency, Komisi Kerajaan Saudi menetapkan keputusan penunjukan putra paling bungsu Raja Salman tersebut tidak bisa digugat pihak manapun.

Dilansir dari Newsweek, Pangeran Khalid bin Salman, yang menjabat Duta besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat kembali dari Washington ke Riyadh minggu lalu.

Pangeran Khalid, didampingi oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo setibanya di Riyadh.

Pangeran Khalid bin Salman, putra Raja Salman dari Arab Saudi dan adik Mohammed bin Salman, secara resmi menjabat sebagai duta besar AS pada Juli 2017.

Pada saat itu, media Saudi memuji langkah tersebut sebagai reformasi hubungan dengan AS dan juga untuk memberi keluarga kerajaan tautan pribadi dan langsung kepada Presiden Donald Trump.

Sebelum menjadi duta besar, pangeran Khalid adalah penasihat di kedutaan Arab Saudi di Washington serta di Kementerian Pertahanan Arab Saudi. Pernah bertugas sebagai pilot di angkatan udara kerajaan, menerbangkan F-15 dan mengambil bagian dalam lebih dari 50 misi tempur Arab Saudi di Suriah dan Yaman.

Arab Saudi dalam pernyataan resminya, mengakui Jamal Khashoggi tewas di konsulatnya di Istanbul, Turki, namun tidak merinci di mana mayat Khashoggi. Keputusan penunjukan Pangeran Khalid bin Salman ditetapkan setelah tekanan internasional semakin tajam atas pembunuhan Jamal Khashoggi, yang mengarah pada keterlibatan putra mahkota, Mohammed bin Salman.


0 Komentar