Selasa, 27 November 2018 16:05 WIB

Kondisi Ekonomi Baik, LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Diuntungkan

Editor : A. Amir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei ekonomi menentukan pemenang Pilpres 2019. Hasilnya, persepsi ekonomi Indonesia saat ini dipersepsikan baik oleh mayoritas pemilih Pilpres 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa, menyebutkan pasangan capres dan Cawapres no urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul dalam pemilih menyatakan kondisi ekonomi sedang atau baik. Sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno unggul dalam pemilih yang menyatakan kondisi ekonomi buruk. 

"Secara umum, Jokowi diuntungkan oleh persepsi positif publik terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Di atas 70% publik menilai kondisi ekonomi Indonesia sedang atau baik," kata Ardian Sopa saat jumpa pers di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Selain itu, Ardian menyebut sebesar 24% pemilih menilai kondisi ekonomi buruk. Penilaian kondisi ekonomi ini berpengaruh ke dukungan terhadap kedua capres. 

Sebanyak 64% pemilih mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini sedang dan baik menyatakan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan angka 20,5% pemilih menyatakan dukungan untuk Prabowo-Sandiaga Uno. 

"Sedangkan mereka (pemilih) yang menilai kondisi ekonomi Indonesia buruk sebesar 63,9% memilih pasangan Prabowo-Sandiaga dan hanya 25,5% yang memilih Jokowi-Ma'ruf Amin." 

Ardian mengatakan penilaian ekonomi tersebut dibagi menjadi berbagai segmen, dari pendidikan, pendapatan, agama, gender, hingga wilayah. Penilaian baik-buruk ekonomi berdampak pada dukungan kedua capres.

Survei ini dilakukan pada 10-19 November 2018 di 32 provinsi menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini kurang-lebih 2,9 persen. Dilengkapi FGD dan analisis media serta indepth interview.

Berikut ini hasil survei LSI segmen pendidikan penilaian ekonomi sedang atau baik: 

Kategori SD: Jokowi-Ma'ruf unggul 66,2% dan Prabowo-Sandiaga 18,6%

Kategori SMP: Jokowi-Ma'ruf unggul 66,5% dan Prabowo-Sandiaga 22,6%

Kategori SMA: Jokowo-Ma'ruf Amin unggul 60,2% dan Prabowo-Sandiaga 21,2%.

Kategori Perguruan Tinggi: Jokowi-Ma'ruf unggul 63,8% dan Prabowo-Sandiaga 22,4%

 


0 Komentar