Selasa, 15 Januari 2019 08:29 WIB

Bantu Mediasi Petani Cabai dengan PT Indofood, DPR: Pejabat Pemerintah Harus Tiru Mentan

Editor : Rajaman
Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaeman. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota DPR RI Firman Soebagyo mengapresiasi kerja dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Arman Sulaeman telah memediasi kelompok petani cabai dengan perusahaan PT Indofood CBP terkait dengan permasalahan harga jual beli cabai.

Menurut Firman, hal-hal seperti inilah seyogyanya patut ditiru dan dijadikan contoh sebagai pejabat pemerintah untuk membantu rakyat atau petani sedang mengalami kesulitan dan bukan menambah masalah seperti dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) terhadap petani.

"Saya sebagai Anggota DPR dari Dapil Jawa Tengah mengapresiasi langkah serta upaya yang dilakukan Mentan untuk segera melakukan mediasi kepada petani sedang dihadapkan pada persoalan cabai dengan PT Indofood. Dan
upaya-upaya seperti ini harusnya dilakukan pejabat pemerintah justru jangan memberikan pernyataan menyesatkan seperti disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) yang justru akan melemahkan semangat petani sedang giat-giatnya semangat untuk meningkatkan budi daya pertanian," kata Firman kepada wartawan, Selasa (15/1/2019).

Politikus Golkar ini berpendapat sebagai pembantu Presiden untuk mensejahterakan rakyat. Seorang menteri harus memberikan contoh dan solusi yang baik bukan menambah masalah kepada petani. 

"Oleh karena itu, langkag Mentan ini perlu diapresiasi dan patut ditiru oleh menteri atau pejabat yang lain agar dapat mengangkat moral petani," tegas Firman pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

Sebelumnya,  Kelompok Tani Sumber Rejeki di Desa Jerukgulung mengapresiasi kepada Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaeman serta Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Demak sudah membantu memediasi untuk menyelesaikan permasalahan antara petani cabai dengan pihak Toko Tani Indonesia (TTI) dan PT Indofood CBP terkait dengan permasalahan harga jual beli cabai oleh petani di Demak.

"Kami berterima kasih karena cabai merah keriting dari petani Desa Jerukgulung Kecamatan Dempet saat ini sudah dibeli dengan harga Rp 18.000,-/kg," kata Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki Sugiyono dalam surat terbukanya kepada wartawan, Senin (14/1/2019).

Suigiyono pun mengaku juga meminta maaf kepada Pemerintah dan seluruh pihak atas insiden kejadian dengan membuang cabai di jalan. 

"Sungguh khilaf kejadian tersebut karena spontanitas, dan kami menyadari perbuatan tersebut tidak etis dan justru membuat kami menjadi malu," sesalnya.

Lebih lanjut Sugiyono menyatakan pihaknya bersama-sama akan mengikuti anjuran manajemen tanam dari Pemerintah, meningkatkan efisiensi biaya, meningkatkan kualitas hasil.

"Sehingga dengan cara itu, kami bisa memperloeh harga tertinggi dari penawaran yang ada, menerima uang secara tunai dan harga bisa sama standar dalam satu wilayah," ujarnya


0 Komentar