Jumat, 15 Maret 2019 10:50 WIB

Anggaran Rp900 Miliar, Anies Sebut Pembangunan Jakarta International Stadium Tuntas 2021

Editor : Yusuf Ibrahim
Anies saat melihat maket pembangunan Jakarta International Stadium. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelontorkan anggaran sebesar Rp900 miliar untuk pembangunan Jakarta International Stadium di Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Anggaran itu untuk pembangunan tahap awal proyek stadion bertaraf internasional itu. Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, anggaran itu digelontorkan pemerintah daerah (pemda) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2018.

"Mengajukan anggaran Rp5 triliun dan sudah disetujui sekitar Rp900 miliar yang akan digunakan sebagai pengerjaan awal. Sisanya nanti akan dibangun semacam kawasan komersil dengan tujuan self financing kebutuhan perawatan stadion itu sendiri," kata Dwi kepada wartawan 

Dia juga menjelaskan, stadion itu dapat menampung 80-82.000 penonton. Di stadion ini pun, lanjut Dwi, disiapkan fasilitas sosial lainnya ada masjid terapung, dimana pelatarannya dibuatkan saf agar para penonton bisa melaksanakan salat berjamaah.

"Kan di kita ini banyak pertandingan sepakbola dilakukan pukul 18.30 atau 19.30 WIB, sebelumnya orang harus salat maghrib itu yang harus kita bikin. Di setiap titik harus kita perbanyak toilet dan tempat resum. di satu sisi masyarakat wisata air dengan danau Sunter kita bikin sekelilingya menjadi jogging track yang menjadi fasilitas publik," tuturnya.

Adapun fasilitas lainnya yang akan tersedia di Jakarta Internasional Stadium yakni, kursi untuk kaum difabel sebanyak 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet khusus difabel. Area parkir yang mampu menampung 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus.

Dan atap stadion memiliki fitur buka tutup, ini dilakukan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik. 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang telah mendukung dalamproses pembangunan stadion ini.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman di DPRD DKI Jakarta, dukungan dari mereka memungkinkan kita memulai untuk melakukan pembangunan di tempat ini hari ini," tulis Anies di akun Instagram-nya @aniesbaswedan kemarin.

Dia menambahkan, stadion yang tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Ibu Kota Jakarta ini juga ditargetkan selesai pada 2 tahun ke depan.

"Hari ini peluit pertama dibunyikan, babak baru dimulai, mari kita bertepuk tangan dan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam proses ini dan terus kawal bersama pembangunan stadion ini, insyaAllah 2021 kita tuntaskan semua," pungkasnya.(sndo)


0 Komentar