Senin, 18 Maret 2019 07:53 WIB

Kemenhub Sediakan 1.300 Bus Gratis untuk Pemudik Lebaran

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi bus mudik. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik Lebaran.

Kemenhub menyatakan siap menyediakan mudik gratis dengan moda transportasi darat. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menjelaskan pihaknya bakal menyediakan sekira 1.300 bus gratis kepada pemudik, saat Lebaran 2019 dengan tujuan beberapa daerah di Indonesia.

"Jumlahnya 1.300 bus. Nanti caranya bisa berhubungan dengan beberapa pihak di Kemenhub. Kalau ada komunitas yang ingin pulang pakai bus premium, kami akan memberangkatkan," kata Budi Setiyadi di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Dia menjelaskan, untuk beberapa daerah tujuan bagi pemudik itu di antaranya, Lampung, Palembang, Padang dan Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Semuanya gratis sama sekali tak bayar dan menggunakan bus premium yang nyaman.

"Dan ada juga angkutan mudik gratis yakni menggunakan kapal ferry dari Jakarta ke Semarang dan Jakarta ke Surabaya, pokoknya kalian nyaman," sambungnya.

Dia menuturkan, semua pemudik itu nantinya tidak dipungut biaya alias gratis, hanya dengan mendaftarkan ke Kemenhub. "Boleh pakai motor, di mana orangnya pakai bus dan kita mau berikan yang terbaik untuk masyarakat kita," tandasnya.(ist)


0 Komentar