Jumat, 12 April 2019 16:56 WIB

Jelang Pencoblosan, Jokowi Diambang Menang Telak dari Prabowo

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei jelang pencoblosan 17 April mendatang. Hasilnya, pasangan no urut 01 Jokowi-Maruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo- Sandi diatas dua digit.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa Lima hari menjelang pencoblosan, dukungan Jokowi-Maruf dalam rentang 55.9 % - 65.8 %. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34.2 % - 44.1 %.

"Artinya jika elektabilitas Jokowi-Maruf menggunakan batas bawah elektabilitas saat ini 55.9 %, dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas 44.1 %, Jokowi-Maruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih diatas dua digit," kata Adrian saat jumpa pers Survei LSI Denny JA dengan tema 'Siap Presiden RI 2019-2024?' di kantornya, Rawamangun, Jumat (12/4/2019).

Adrian menuturkan, tampilqn angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk range elektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional. Apalagi, kalkulasi ini dilakukan karena pilpres tinggal 5 hari lagi.

"Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput," ujarnya.

Survei teranyar LSI Denny JA. Survei dilakukan pada tanggal 4 - 9 April 2019, dengan menggunakan 2000 responden. Survei dilakukan di 34 Propinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.2%.

Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA. (Zar)


0 Komentar