Senin, 26 Agustus 2019 13:32 WIB

BKSDA Jakarta Sambut Baik Kolaborasi dengan Sriwijaya Air

Editor : Yusuf Ibrahim
Buaya yang akan dilepaskan ke alamnya. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebagai perusahaan penerbangan yang peduli akan pelestarian lingkungan, Sriwijaya Air kembali mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal translokasi satwa langka ke berbagai daerah di Indonesia.

Program ini akan berlangsung selama bulan Agustus 2019 dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Diungkapkan Retri Maya selaku Vice President Corporate Secretary Sriwijaya Air bahwa Sriwijaya Air memang berkomitmen penuh menjadi maskapai penerbangan nasional yang ramah pelestarian lingkungan.Kegiatan translokasi satwa langka ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintah maupun LSM salah satunya yaitu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang berada dibawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup 8: Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

“Sriwijaya Air sudah beberapa tahun belakangan ini terus menunjukkan eksistensi sekaligus komitmen menjadi maskapai ramah pelestarian lingkungan dengan melaksanakan translokasi satwasatwa langka ke berbagai destinasi di Indonesia sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Dan komitmen ini kami sempurnakan dengan pelayanan terbaik khas Sriwijaya Air serta free of charge,” ungkap Retri Maya.

”Kami siap membantu kegiatan translokasi satwa langka Indonesia dengan menjalin kolaborasi bersama seluruh pihak-pihak terkait seperti BKSDA Jakarta, Dirjen KSDAE bahkan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai KSDA Jakarta, Ahmad Munawir mengatakan bahwa BKSDA Jakarta sangat menyambut baik kolaborasi dengan Sriwijaya Air. Dan merasa sangat terbantu guna dapat memindahkan beberapa satwa langka ini ke habitatnya.

”Sriwijaya Air telah menunjukkan komitmen yang besar terhadap pelestarian lingkungan serta satwa langka dengan membebaskan biaya translokasi satwa langka ini ke tiga destinasi tujuan yaitu Jayapura, Padang dan Ambon. Besar harapan kami tentunya kolaborasi ini bisa terus terjalin sebagai bentuk Corporate Social Responsibility yang punya dampak besar terhadap pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Kegiatan translokasi atau pemindahan satwa langka yang pertama terjadwaIkan pada tanggal 14 Agustus 2019 dengan destinasi akhir Jayapura. Adapun hewan langka yang akan dipindahkan ke Jayapura dari jakarta yaitu kura kura moncong babi sebanyak 61 ekor dengan tujuan akhir balai besar KSDA papua.

Selanjutnya sriwijaya air masih dijadwalkan mendukung translokasi lainnya dengan destinasi akhir ke padang dan ambon untuk memindahkan beberapa satwa langka owa ungko. Siamang dan kakatua tanimbar.(ist)


0 Komentar