Senin, 27 Januari 2020 12:28 WIB

Pemimpin Vatikan Puji Komitmen Pemerintah China Atasi Virus Corona

Editor : Eggi Paksha
Paus Francis (Fransiskus). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Paus Francis (Fransiskus) mengatakan dia berdoa untuk orang meninggal, orang sakit dan keluarga korban keganasan Virus Corona baru: 2019 -nCoV di China.

Pemimpin Vatikan itu juga memuji komitmen besar pemerintah China untuk mengatasi wabah tersebut. "Saya juga ingin dekat dan berdoa untuk orang-orang yang sakit karena virus yang telah menyebar ke seluruh China," kata Paus Francis di hadapan puluhan ribu orang di Santo Petrus Square untuk menyampaikan pesan mingguannya, kemarin.

"Semoga Tuhan menyambut orang yang meninggal ke dalam kedamaiannya, menghibur keluarga dan mempertahankan komitmen besar dari komunitas China yang telah diberlakukan untuk memerangi epidemi," ujarnya, seperti dikutip Reuters, Senin (27/1/2020).

SINDOnews.com meng-update data Komisi Kesehatan Nasional China dari situs resminya, Senin (27/1/2020). Data hingga pukul 10.28 WIB menyebutkan komisi itu telah menerima total 2.744 kasus yang dikonfirmasi, 30 kasus kasus parah, 80 kasus kematian, dan 51 kasus pasien sembuh yang dipulangkan dari 30 provinsi (mencakup daerah otonom dan kota). Ada juga 5.794 kasus yang diduga terkait 2019-nCoV.

Menurut komisi itu, saat ini total ada 32.799 kontak dekat pasien virus yang telah dilacak, 583 orang telah dibebaskan dari pengamatan medis, dan 30.453 orang mendapat pantauan medis.

Hubungan antara Vatikan dan Beijing telah meningkat sejak September 2018 ketika kedua belah pihak menandatangani pakta bersejarah tentang penamaan para uskup. Umat ‚Äč‚ÄčKatolik konservatif keberatan dengan pakta itu dan menuduh Vatikan menjual ke pemerintah komunis.(sndo)


0 Komentar