Selasa, 28 Januari 2020 15:20 WIB

Petinggi Sunda Empire Diperiksa Polda Jabar

Editor : Eggi Paksha
Nasri Banks, Grand Minister Sunda Empire berpangkat jenderal bintang 5. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar menaikkan status kasus Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda alias Kekaisaran Matahari dari penyelidikan ke penyidikan.

Untuk mendalami kasus itu, hari ini Selasa (28/1/2020), penyidik memeriksa intensif tiga petinggi Sunda Empire di Makoditreskrimum Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Meski sudah masuk tahap penyidikan, namun polisi menetapkan tersangka dalam kasus ini. Satu dari tiga terperiksa itu adalah Nasri Banks, yang mengklain sebagai Grand Minister Sunda Empire berpangkat jenderal bintang 5. Selain Nasri Banks, penyidik juga memeriksa dua petinggi Sunda Empire lainnya, A dan RN.

Meski kehadiran tiga petinggi Sunda Empire tak sempat terlihat, namun Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangfa Waskitoroso memastikan proses pemeriksaan tengah berlangsung.

"Ya sedang dilakukan pemeriksaan. Ada tiga orang saudara NB, saudari RN dan saudari A," kata Erlangga di Mapolda Jabar.

Diketahui, setelah heboh Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, masyarakat kembali digemparkan dengan Sunda Empire di Kota Bandung. Meski keberadaan kelompok Sunda Empire telah muncul sejak 2017 lalu, namun kemunculannya kembali di media sosial tetap menarik perhatian masyarakat.

Direktur Reskrimum Polda Jabar Kombes Pol Hendra mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan intensif terhadap Sunda Empire. Bahkan saat ini statusnya dinaikkan ke penyidikan. "Sekarang statusnya sudah penyidikan. Untuk tersangka, belum ada, tapi secepatnya," kata Hendra.

Sebelumnya, penyidik telah meminta keterangan dari ahli sejarah, hukum pidana, budayawan Sunda, dan staf Kesbangpol Provinsi Jabar.

Selain itu, turut dimintai keterangan pula, Sumiarsih, staf Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terkait penggunaan fasilitas kampus untuk kegiatan Sunda Empire. Sebab penyidik menemukan fakta Sunda Empire telah empat kali menggelar kegiatan di lingkungan kampus tersebut.

Budayawan Sunda yang dimintai keterangan Kang Ari Mulia. Kemudian pakar hukum pidana Edi Setiadi yang merupakan Rektor Unversitas Bandung (Unisba). Sedangkan pakar sejarah dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Ganjar Kurnia. Ganjar merupakan mantan Rektor Unpad Bandung.(ist)


0 Komentar