Senin, 16 Maret 2020 19:09 WIB

Pemda Diingatkan Tak Putuskan Kebijkan Lockdown

Editor : Eggi Paksha
Presiden Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengikuti perkembangan situasi terkini dari waktu ke waktu terkait virus corona dengan terus memberikan perintah-perintah yang terukur agar penyebaran virus ini tidak mempeburuk kondisi ekonomi masyarakat.

Dia belum mengambil keputusan tentang lockdown. "Oleh karena itu semua kebijakan baik kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan dan harus ditelaah secara mendalam agar efektif menyelesaikan masalah dan tidak semakin memperburuk keadaan," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Bogor, Senin (16/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa kebijakan lockdown baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah berasal dari pemerintah pusat.

"Kebijakan ini tidak boleh diambil pemerintah daerah dan saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown," jelas Jokowi.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, yang terpenting saat ini adalah bagaimana pemerintah daerah dan pusat dapat mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat yang lain, menjaga jarak, dan mengurangi kerumunan orang yang membawa resiko lebih besar pada penyebaran Covid-19. 

"Kebijkan belajar dari rumah bekerja dari rumah, dan ibadah dari rumah perlu terus kita gencarkan untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 dengan tetap mepertahankan pelayanan kepada masyarakat baik itu kebutuhan pokok, layanan kesehatan, dan lainnya," pungkas dia.(ist)


0 Komentar