Rabu, 18 Maret 2020 17:55 WIB

Pemerintah Dapat Bantuan dari Tiga RS Swasta untuk Tangan Pasien Corona

Editor : Yusuf Ibrahim
Achmad Yurianto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Juru Bicara Pemeritah Penanganan Corona Virus (COVID-19), Achmad Yurianto, mengungkapkan saat ini pemerintah mendapatkan bantuan dari tiga rumah sakit swasta yang mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk tangani virus corona.

"Saya tadi sudah melakukan diskusi dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, kita diskusikan beberapa hal di antaranya adalah peran sektor swasta. Ada tiga rumah sakit swasta yang sudah mendedikasihkan seluruh kapasitas tempat tidurnya dengan total sekitar 300 tempat tidur untuk penanganan kasus Covid-19," ungkap Yuri dalam Konferensi Pers secara Online di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Tiga rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Rumah Sakit Mitra Keluarga Jatiasih, dan Rumah Sakit Hermina Karawang.

"Ketiga rumah sakit ini nanti hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus Covid-19. Sementara kasus-kasus yang lain akan dipindahkan ke rumah sakit yang lain," kata Yuri.

Kemudian, tambah Yuri pemerintah juga mendapatkan bantuan jejaring laboratorium yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan virus ini yakni Laboratorium Siloam, jejaring Laboratorium Kalbe dan jejaring Laboratorium Bunda Group.

"Ini yang menggembirakan untuk kita sehingga diharapkan ini maka deteksi dini penemuan cepat kasus dapat dilaksanakan dengan maksimal."

Yuri mengatakan, Asosiasi Rumah Sakit Swasta dan kemudian Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk mendedikasikan seluruh sarana prasarananya untuk digunakan di dalam kaitan untuk mendapatkan layanan perawatan layanan Covid 19.

"Semuanya secara bersungguh-sungguh akan ikut melaksanakan untuk membantu penanganan virus corona ini," tegas Yuri.(ist)


0 Komentar