Senin, 30 Maret 2020 13:15 WIB

Tangkal Corona dengan Sumber Makanan Sehat Ini

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kasus Covid-19 di Indonesia cukup memprihatinkan. Angkanya terus naik secara signifikan.

Peluang penularan yang dapat terjadi di mana saja membuat masyarakat berbondong-bondong memborong masker, hand sanitizer, hingga sarung tangan. Hal ini sedikit banyak menimbulkan kekhawatiran masyarakat luas, terutama Jakarta yang memiliki angka korban paling tinggi.

Menanggapi kondisi ini, nutrition expert Youvit Gummy Multivitamin Puteri Aisyaffa angkat bicara mengenai cara pencegahan Covid-19. Menurutnya, sebenarnya secara alami tubuh kita sudah memiliki sistem imun yang bertugas mendeteksi dan mengeliminasi patogen seperti virus yang masuk ke tubuh. "Sistem imun ini tentu harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang,” ujarnya.

Dia merekomendasikan beberapa sumber makanan sehat yang dapat membangun daya tahan dan membuat virus takut menginfeksi tubuh, di antaranya jambu. Dibandingkan buah-buahan lain, jambu merupakan buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, vitamin C memegang peranan penting sebagai antioksidan dan booster sistem kekebalan tubuh.

"Konsumsi buah ini tanpa diproses terlebih dulu (dimakan mentah) supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang," kata nutrisionis ini. Sedangkan, bahan makanan yang mengandung zink tinggi adalah kacang-kacangan dan daging. Seperti halnya vitamin C, zink berfungsi meningkatkan sistem imunitas.
 

Daging merah, ikan, dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zink tinggi. "Jangan lupa mengolahnya sampai matang, jangan dikonsumsi mentah atau setengah matang (supaya bakteri maupun virus bisa mati saat proses pemasakan). Kacang merah, tanah, mete, dan almond juga tinggi kandungan mineral ini," ujar Aisyaffa.

Lain lagi dengan kaldu tulang, bahan makanan ini penuh kandungan L-glutamine (asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan yang bagus untuk perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus.

Dia mengatakan bahwa usus yang sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat. Adapun jamur merupakan sumber betaglucans yang tinggi. Zat ini adalah nutrisi alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsinya memastikan sel tubuh siap untuk melawan infeksi.

Terakhir ialah jahe. Tanaman rimpang sederhana ini sempat langka di pasaran ketika minuman empon-empon naik daun sebagai salah satu solusi menghadapi Covid-19. Secara umum, Aisya menjabarkan, jahe memang dapat meningkatkan sistem imun melalui kandungan zink dan zat besinya. Dari beberapa penelitian, sumber makanan ini dapat merangsang respons defensif pada pernapasan atas dan mukosa atas sehingga membantu menangkis infeksi.

Selain melalui makanan tersebut, Aisya juga mengimbau sebaiknya maksimalkan asupan nutrisi harian dengan multivitamin seperti Youvit yang simpel dalam bentuk gummy dan lengkap dengan 10 vitamin dan dua mineral penting. Gaya hidup sehat lain juga penting dilakukan untuk kekebalan tubuh, seperti olahraga teratur dan istirahat cukup.(ist)


0 Komentar